DetikSepakbola
Senin 02 Juli 2018, 11:45 WIB

Telepon Putin untuk Rusia Sebelum Kalahkan Spanyol

Femi Diah - detikSport
Telepon Putin untuk Rusia Sebelum Kalahkan Spanyol Foto: Reuters
Moskow - Timnas Rusia berhasil memastikan tempat di babak perempatfinal Piala Dunia 2018 dengan menyingkirkan Spanyol. Telepon dari Presiden Vladimir Putin cukup ampuh.

Rusia melaju ke babak perempatfinal usai mengalahkan Spanyol lewat adu penalti setelah skor imbang 1-1 di Stadion Luzhiniki, Minggu (1/7/2018) malam WIB. Spanyol unggul lebih dulu melalui gol bunuh diri Sergei Ignashevich, kemudian Rusia menyamakan melalui penalti Artem Dzyuba.

Dalam adu penalti, seluruh algojo Rusia berhasil menuntaskan tugas mereka. Sementara, di kubu Spanyol, Andres Iniesta, Gerard Pique, dan Sergio Ramos yang bikin gol. Upaya penalti Koke dan Iago Aspas mentah oleh kegemilangan Igor Akinfeev.

Telepon Putin untuk Rusia Sebelum Kalahkan Spanyol
Semangat Rusia untuk memenangi laga itu tak hanya sebagai status tuan rumah. Timnas Rusia juga mendapatkan suntikan motivasi khusus dari presiden Putin, meskipun dia tak menyaksikan langsung di stadion.

"Sebelum pertandingan, saat masih siang, presiden menelepon pelatih Stanislav Cherchesov dan berharap mereka semua dalam kondisi baik," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, seperti dikutip BBC.

Laju Rusia itu cukup mengejutkan. Sebab, menilik peringkat Rusia, mereka merupakan tim dengan ranking terendah (ke-70) di Piala Dunia 2018 itu.

Rusia melaju ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A. Mereka mengalahkan Arab Saudi dan Mesir, tapi kalah dari Uruguay di fase grup.

"Di bawah kepemimpinan Cherchesov, para pemain mampu menuntaskan misi yang tak mungkin. Bisa lolos dari babak grup," ujar Peskov.


Reuters juga melaporkan, Putin kembali menelepon Cherchesov. Dia memberikan ucapan selamat kepada timnas Rusia.


Pesta Bak Juara Warga Moskow, Simak Videonya:


(fem/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +