sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 06 Jul 2018 11:29 WIB

Fakta-fakta Menarik dalam Duel di Perempatfinal Piala Dunia 2018

Kris Fathoni W - detikSport
Piala Dunai 2018 di Rusia memasuki perempatfinal (Foto: Sergei Karpukhin/Reuters) Piala Dunai 2018 di Rusia memasuki perempatfinal (Foto: Sergei Karpukhin/Reuters)
Jakarta - Rangkaian laga perempatfinal Piala Dunia 2018 akan bergulir mulai nanti malam. Berikut sejumlah fakta menarik tentang duel-duel di babak delapan besar.

Uruguay, Prancis, Brasil, Belgia, Swedia, Inggris, Rusia, dan Kroasia merupakan delapan tim tersisa di Piala Dunia 2018. Setelah rangkaian laga perempatfinal tuntas dihelat, cuma akan ada empat yang tersisa.

Berikut fakta menarik seputar duel di perempatfinal tersebut seperti dikutip FIFA.com:


Fakta-fakta Menarik dalam Duel di Perempatfinal Piala Dunia 2018

Uruguay vs Prancis, Jumat (6/7) malam WIB

Di Piala Dunia, Prancis belum pernah dikalahkan tim dari Amerika Selatan semenjak tunduk dari Argentina tahun 1978. Sejak itu Les Bleus sudah merangkai lima kemenangan dan empat hasil seri.

Saat menghadapi Prancis, Oscar Tabarez akan menjalani laga ke-20 sebagai pelatih Uruguay di ajang Piala Dunia. Itu membuatnya sejajar dengan Bora Milutinovic dan Mario Zagallo di posisi keempat sebagai pelatih dengan jumlah laga terbanyak di Piala Dunia.


Brasil vs Belgia, Sabtu (7/7) dini hari WIB

Belgia akan menjalani laga kelimanya melawan Brasil. Tapi di ajang Piala Dunia, baru satu kali Belgia berjumpa Brasil. Itu terjadi di tahun 2002 ketika Brasil menang 2-0 atas Belgia lewat gol Rivaldo dan Ronaldo.

Brasil sedang melewati rentetan tiga kemenangan beruntun dan 310 menit tanpa kebobolan di Piala Dunia 2018. Brasil juga baru kebobolan satu gol, yakni ketika menghadapi Swiss di partai pertamanya (1-1).




Swedia vs Inggris, Sabtu (7/7) malam WIB

Sudah dua kali Swedia menghadapi Inggris di Piala Dunia, dengan kedua laga berakhir seri; 1-1 tahun 2002 dan 2-2 tahun 2006. Menariknya, Inggris saat itu ditangani oleh Sven Goran Eriksson -- pelatih asal Swedia.

Inggris lolos ke perempatfinal setelah mematahkan kutukan adu penalti. Setelah tiga kekalahan (vs Jerman Barat 1990, vs Argentina 1998, vs Portugal 2006), baru kali ini Inggris berjaya dalam drama tos-tosan di Piala Dunia.


Rusia vs Kroasia, Minggu (8/7) dini hari WIB

Kali terakhir Rusia ada di perempatfinal adalah ketika masih bernama Uni Soviet pada 1970. Saat itu, Rusia dikalahkan Uruguay di babak tersebut.

Untuk kali ketiga dari lima penampilannya di Piala Dunia, Kroasia akan menghadapi tim tuan rumah. Mereka kalah dalam dua kesempatan sebelumnya; dari Prancis (1-2) di semifinal 1998 dan atas Brasil (1-3) di laga awal 2014.

[Gambas:Instagram]



Saksikan juga video 'Kumpulan Momen Menarik di 16 Besar Piala Dunia 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(krs/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed