sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 06 Jul 2018 13:47 WIB

Kenapa Inggris Dilarang Remehkan Swedia

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Swedia bukan lawan mudah bagi Inggris di perempatfinal Piala Dunia 2018 (Foto: Damir Sagolj/Reuters)
Jakarta - Di atas kertas, Inggris lebih diunggulkan atas Swedia di perempatfinal Piala Dunia 2018. Namun secara historis, Swedia kerap jadi batu sandungan.

Pertandingan antara Inggris dan Swedia akan digelar di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018) malam WIB. Jika menilik peringkat FIFA, Inggris lebih unggul dengan menempati posisi ke-12 dibandingkan Swedia yang ada di urutan ke-24.

Situs FIFA mencatat Inggris dan Swedia sudah berhadapan 23 kali. Kedua tim sama-sama mencatat tujuh kemenangan dan sembilan hasil imbang.

Meski punya catatan pertemuan seimbang, Swedia bukan lawan yang mudah ditaklukkan Inggris. The Three Lions pernah melewati masa-masa tanpa kemenangan atas Swedia.

Kenapa Inggris Dilarang Remehkan Swedia

Itu terjadi antara 1968-2011. Bertanding 12 kali melawan Swedia, Inggris kalah empat kali dan imbang delapan kali.

Rekor Inggris atas Swedia kian buruk apabila hanya menilik catatan di laga kompetitif. Inggris hanya menang satu kali, kalah dua kali, dan imbang lima kali.

Di turnamen mayor --Piala Eropa dan Piala Dunia-- Swedia membuktikan diri sebagai lawan yang tak mudah untuk Inggris. Kedua tim tercatat empat kali berduel di turnamen besar.

Pada Piala Eropa 1992, Inggris kalah 1-2 dari Swedia sehingga harus jadi juru kunci grup. Kemudian di Piala Dunia 2002, Inggris dipaksa bermain imbang 1-1 dengan Swedia di babak grup.

Empat tahun kemudian, Inggris dan Swedia kembali bertemu di fase grup Piala Dunia 2006. Inggris lagi-lagi harus puas dengan hasil seri 2-2.

Kemenangan akhirnya didapat Inggris atas Swedia di fase grup Piala Eropa 2012. Inggris menang dramatis 3-2 yang sekaligus menjadi kemenangan satu-satunya atas Swedia di laga kompetitif.

Masih mau meremehkan Swedia, Inggris?



Saksikan juga video 'Swedia Ogah Kuasai Bola Lawan Inggris':

[Gambas:Video 20detik]

(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com