Kualifikasi Piala Dunia 2010

Joe Cole Menangkan Inggris

- Sepakbola
Minggu, 07 Sep 2008 02:50 WIB
Barcelona - Joe Cole menjadi pemecah kebuntuan sekaligus pahlawan kemenangan Inggris. Menghadapi Andorra di laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2008, The Three Lions menang 2-0.

Meski menghadapi lawan yang jauh lebih lemah, Inggris sempat dibuat frustasi oleh Andorra. Menguasai laga sejak menit pertama pertandingan, skuad besutan Fabio Capello baru bisa mencetak seluruh golnya di babak kedua lewat kaki Joe Cole.

Hasil ini untuk sementara menempatkan Inggris di posisi dua klasemen Grup 6 Kualifikasi PIala Dunia 2010 Zona Eropa dengan nilai tiga, satu tingkat di bawah Kroasia yang pada laga lain juga memetik kemenangan 3-0 atas Kazakstan. Meski menang, Capello masih punya banyak pekerjaan rumah untuk diselesaikan karena sesungguhnya mereka bisa menang dengan jumlah gol lebih banyak.

Bertanding di Stadion Comunal de Aixovall, Barcelona, Minggu (7/9/2008) Inggris tampil sangat dominan atas lawannya. Tiga peluang matang langsung mereka ciptakan bahkan saat pertandingan belum berjalan lima menit melalui Jermaine Defoe dan Theo Walcott, sementara sepakan keras Glen Johnson dari luar kotak penalti membentur pemain belakang lawan dan cuma berbuah tendangan sudut.

Rangkaian peluang Inggris berlanjut melalui Wayne Rooney di menit 16, namun gol kembali gagal tercipta karena tendangan striker Manchester United itu dari tengah kotak penalti melayang jauh dari sasaran. Skenario nyaris serupa terjadi lima menit berselang, kali ini Frank Lampard yang nyaris menjebol jala tuan rumah melalui spesialisasinya mengeksekusi tendangan jarak jauh.

Sama sekali tak ada peluang dimiliki Andorra di 45 menit perdana pertandingan. Meski begitu skuad The Three Lions dibuat frustrasi karena dari banyak peluang berhasil dikreasikan tak satupun yang berujung gol.

Sepuluh menit sebelum turun minum Inggris memiliki tiga peluang beruntun. Setelah Lescott gagal menyambar bola tendangan sudut dengan kepalanya, Gareth Barry yang berdiri di belakangnya dan berpeluang menuntaskan menjadi gol juga tak berhasil menanduk dengan sempurna. Sementara di tiang jauh Rooney tak mampu menyongsong bola liar karena keburu dihadang bek lawan.

Babak pertama berakhir dengan tak satupun gol tercipta.

Empat menit babak kedua bergulir gol yang ditunggu publik Inggris akhirnya datang. Diawali tendangan bebas Lampard, bola yang dibelokkan Lescott menghampiri Joe Cole yang kemudian melepaskan tendangan setengah voli untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Setelah sebuah peluang memperbesar keunggulan melalui John Terry di menit 53 hanya membentur sisi luar jala, senyum Capello di pinggir lapangan merekah semakin lebar menyusul terciptanya gol kedua di menit 55. Lagi-lagi Joe Cole yang menjadi goal scorer-nya, kali ini dia dengan dingin memperdaya kiper Andorra setelah mendapat umpan terobosan dari Rooney.

Untuk kali ketiga, gawang Andorra jebol di menit 62. Namun gol hasil sepakan Glen Johnson itu tak dimasukkan hitungan oleh wasit karena salah seorang pemain Inggris terjebak off side.

Sepuluh menit sebelum laga terakhir, Capello memasukkan David Beckham untuk menggantikan Lampard. Masuknya Becks tak banyak membantu skuad Inggris menambah jumlah golnya, meski masih ada beberapa peluang tetap dikreasikan. Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda laga berakhir, skor tetap bertahan di angka 2-0.

Susunan Pemain:
Andorra: Alvarez, Ayala, Txema, Sonejee, Antoni Lima (Fernandez 90), Ildefons Lima, Pujol (Vales 90), Vieira, Silva (Toscano 65), Jimenez, Andorra.

Inggris: James, Johnson, Lescott, Terry, Ashley Cole, Walcott, Barry, Lampard (Beckham 79), Downing (Joe Cole 45), Rooney, Defoe (Heskey 45). (din/ian)