Kualifikasi Piala Dunia 2010

Gol Injury Time Menangkan Italia

- Sepakbola
Minggu, 07 Sep 2008 04:30 WIB
Jakarta - Juara bertahan, Italia, mengawali perjuangannya menuju Piala Dunia 2010 dengan sedikit tersendat. Bertandang ke Siprus, Gli Azzurri menang 2-1 lewat gol di masa injury time.

Adalah Antonio Di Natale yang menjadi pahlawan sekaligus penyelamat muka Italia setelah memborong kedua gol. Sementara gol balasan tuan rumah diciptakan Efstathios Aloneftis.

Bertanding di Neo GSP Stadium, Siprus di luar dugaan mampu memberikan perlawanan sengit pada tamunya. Di awal laga tuan rumah bahkan sudah menebar ancaman melalui tandukan Aloneftis yang memaksa Gianluigi Buffon berjibaku mengamankan gawangnya.

Kalau bukan karena penampilan gemilang Buffon, gawang Italia kembali nyaris kebobolan lewat usaha Kostantinou beberapa menit berselang. Meski demikian, Italia justru mampu lebih dulu memipin saat pertandingan memasuki menit delapan.

Aksi individu Di Natale memanfaatkan terbukanya pertahanan Siprus mengubah skor menjadi 1-0. Tendangan rendah dari kaki kanan striker Udinese ke arah tiang dekat tak kuasa dihalau kiper Antonis Georgallides.

Setelah sepakan Alberto Gilardino cuma membentur tiang gawang, Siprus akhirnya menyamakan kedudukan saat laga memasuki menit 28. Buffon sebenarnya mampu menepis sepakan jarak dekat dari Charlambides, namun bola yang mental dan kemudian di sambar Aloneftis tak lagi mampu dihalau kiper nomor satu Juventus itu.

Di babak kedua Italia dan Siprus bermain terbuka yang membuat beberapa peluang berhasil dikreasikan. Sebuah kesempatan tuan rumah balik unggul tercipta di menit 74 melalui pemain pengganti Dimitris Christofi. Berhasil melewati Fabio Cannavaro dan Andrea Barzagli, upaya Christofi mentah saat berhadapan dengan Buffon.

Italia akhirnya baru memastikan kemenang di masa injury time. Diawali umpan tumit Gilardino pada Mauro Camoranesi, gelandang kelahiran Argentina itu melakukan gerakan menipu dan melepaskan umpan pada Di Natale. Tendangan voli striker 30 tahun itu menjebol jala tuan rumah sekaligus memastikan kemenangan Italia.

Dari pertandingan lain di Grup 8, Montenegro dan Bulgaria harus puas berbagi poin setelah bermain imbang 2-2. Stiliyan Petrov membawa Bulgaria lebih dulu unggul melalui gol di menit 11 sebelum disamakan Mirco Vucinic pada menit 62.

Melalui gol penalti Stevan Jovetic di menit 82, Montenegro balik memimpin 2-1. Namun keunggulan tersebut tak mampu dipertahankan dengan baik karena gawang mereka kembali bobol di menit terakhir pertandingan lewat Blagoy Georgiev.

Juga meraih kemenangan tandang dari match day perdana ini adalah Irlandia. Bertandang ke Georgia, skuad besutan Giovani Trappatoni menang 2-1lewat gol Kevin Doyle (13) dan Glenn Whelan (70), sementara gol tunggal tuan rumah tercipta atas nama Levan Kenia (90) di menit 90.


Susunan Pemain
Cyprus: Gheorgollidis; Nikolau, Charalambous, Christou, Garposiz, Makridis, Charalambides, Michail (Yiasouni 72), Aloneftis, Okkas (Pavlou 73), M Kostantinou (Christofi 63)

Italy: Buffon; Zambrotta, Gamberini (Barzagli 4), Cannavaro, Grosso (Cassetti 18); Camoranesi, Pirlo, De Rossi, Di Natale; Toni (Gattuso 46), Gilardino (din/ian)