Kualifikasi Piala Dunia 2010

Prancis Tumbang di Tangan Austria

- Sepakbola
Minggu, 07 Sep 2008 04:53 WIB
Wina - Kejutan besar terjadi di laga pertama Grup 7 Kualifikasi Piala Dunia 2010 saat Prancis ditundukkan Austria dengan skor 1-3. Hasil serupa dialami Romania yang dipermalukan Lithuania 0-3.

Meski menjalani laga tandang, namun kekalahan yang dialami Prancis tetap sebuah kejutan besar. Yang jelas hasil ini akan semakin menyudutkan posisi Raymond Domenech yang posisinya terus disorot setelah Les Bleus tersingkir di babak awal Euro 2008 lalu.

Keunggulan tuan rumah sudah dibuka saat laga baru berjalan delapan menit. Diawali tendangan bebas melengkung yang dilepaskan Andreas Ivanschitz, Philippe Mexes salah mengantisipasi bola yang justru mendorongnya melewati kiper Steve Mandana dan masuk ke gawang sendiri.

Samir Nasri cs tak benar-benar memiliki peluang matang di babak pertama. Sebaliknya, empat menit sebelum turun minum, tuan rumah malah menggandakan keunggulan dengan skenario yang nyaris serupa dengan gol pertama.

Kali ini tendangan bebas Ivanschitz mampu menggapai Rene Aufhauser. Tendangan yang dilepaskan Aufhauser sempat membentur William Gallas yang kemudian untuk kali kedua memperdaya kiper Mandanda.

Prancis baru bisa memperkecil ketinggalan di menit 60. Dari umpan silang yang dilepaskan Karim Benzema, Sidney Gouvou dengan baik mengontrol bola sebelum melepaskan tendangan terarah yang mengarah ke tiang dekat.

Malang buat Prancis, keberhasilan memperkecil ketertinggalan ternyata berhenti sampai di situ karena Austria malah bisa mencetak gol ketiganya 12 menit berselang melalui eksekusi penalti Ivanschitz.

Kekalahan ini membuat Prancis untuk sementara terdampar di posisi empat klasemen dengan belum satu poin pun didapat. Sementara puncak klasemen menjadi milik Lithuania yang pada laga lain meraih kemenangan mengejutkan dengan skor 3-0 saat bertandang ke Romania.

Trigol Lithuania ke gawang Romania datang dari Marius Stankevicius di menit 31 diikuti Saulius Mikoliunas pada menit 69 dan Mindaugas Kalonas tiga menit sebelum pertandingan berakhir.

Susunan Pemain
Austria: Alex Manninger; Gyorgy Garics, Sebastian Proedl, Martin Stranzl, Emanuel Pogatetz; Rene Aufhauser, Paul Scharner; Martin Harnik (Joachim Standfest 90), Andreas Ivanschitz (Christoph Leitgeb 82), Christian Fuchs; Marc Janko (Stefan Maierhofer 89)

Prancis: Steve Mandanda; Bacary Sagna (Yoann Gourcuff 70), William Gallas, Philippe Mexes, Patrice Evra, Lassana Diarra, Jeremy Toulalan, Samir Nasri (Nicolas Anelka 79), Sidney Govou, Karim Benzema, Thierry Henry
(din/din)