Jelang Kroasia vs Inggris

'Inggris Yang Sekarang Beda'

- Sepakbola
Selasa, 09 Sep 2008 00:39 WIB
Barcelona - Bagi Joe Cole, timnas Inggris yang sekarang ada di bawah kepemimpinan Fabio Capello jauh berbeda dengan sebelumnya, yang harusnya membuat Kroasia lebih waspada.

Kroasia dan Inggris memang kembali bersua. Dua pertemuan pertama berakhir dengan keterpurukan Inggris yang kala itu ditangani Steve McClaren. Imbasnya, The Three Lions harus menelan pil pahit tidak lolos ke Euro 2008.

Kini skenario yang sama ada di depan kedua tim. Inggris dan Kroasia lagi-lagi berada dalam satu grup untuk saling menjatuhkan, sekaligus memburu tiket ke putaran final Piala Dunia 2010.

Khusus untuk Inggris, setidaknya menurut Joe Cole, pihaknya tak ingin kembali mengulang pengalaman pahit seperti saat di babak kualifikasi Euro 2008. Pertimbangannya, Inggris yang sekarang jauh berbeda dari yang sebelumnya.

"Saya pikir, sekarang ini kami jauh lebih tangguh secara mental ketimbang sebelumnya," ujar Joe Cole seperti dilansir Reuters.

Walau demikian, gelandang serang Chelsea itu mengakui bukan pekerjaan mudah mencuri kemenangan di kandang Kroasia, meski masih ada sedikit peluang untuk mencuri tiga poin penuh.

"Tapi kami harus yakin, kuat dan sulit untuk dijatuhkan. Kami harus tetap solid, kompak dan mengumpan bola dengan baik. Kami harus memiliki mental yang kuat dan tangguh di sana," tandasnya lagi.

Cole juga menilai rekan-rekannya memiliki motivasi yang bisa diandalkan saat melawat ke Zagreb besok. Apa itu? Kekecewaan atas kekalahan 3-2 atas Kroasia di Wembley tahun lalu, yang memaksa Inggris terlempar dari persaingan menuju Euro 2008.

"Saat menjalani karir sepakbola, Anda harus mengubah semua hal negatif menjadi positif. Anda harus mengakhiri semua kekecewaan itu. Saya tahu bagaimana perasaan kami semua di ruang ganti New Wembley saat itu, dan kami harus membiasakan memanfaatkan perasaan tersebut untuk menjadi pendorong dan motivator kami sendiri," pungkasnya.

(ian/krs)