Kualifikasi Piala Dunia 2010

Rooney Bakal 'Dimatikan' Belarusia

- Sepakbola
Senin, 13 Okt 2008 11:14 WIB
Minsk - Penampilan apik Wayne Rooney bersama tim nasional Inggris berarti sebuah peringatan bagi Belarusia. Namun, mereka mengaku tak gentar dan yakin bisa "mematikan" penyerang The Three Lions itu.

Dalam dua pertandingan terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2010, pemain yang akrab disapa Roo itu sukses mencetak tiga gol. Ia menyumbang satu gol ketika Inggris menekuk Kroasia 4-1 dan dua gol ketika melumat Kazakhstan 5-1.

Namun, bukan cuma urusan ketajaman yang wajib menjadi perhatian Belarusia. Pasalnya, Rooney sudah lama dikenal sebagai team player. Artinya meski tak mencetak gol, pergerakannya kerap menyulitkan pertahanan dengan melepas operan-operan atau membuka ruang.

Meski demikian, Belarusia mengaku tak gentar. Skuad arahan Bernd Stange mengatakan sebagai pemain Rooney pasti punya kelemahan, dan hal itulah yang akan mereka gunakan untuk mematikannya.

"Kami tidak takut kepada Rooney. Dia bukannya tak terkalahkan dan sebagai manusia ia pasti punya kelemahan. Kami akan memanfaatkan hal itu," ujar penyerang Vitaly Bulyga seperti dilansir The Sun.

Laga yang akan berlangsung di Minsk, Rabu (15/10/2008), itu akan menjadi laga keempat The St George Cross di babak kualifikasi Piala Dunia 2010. Sejauh ini mereka selalu berhasil meraih hasil sempurna alias selalu meraih kemenangan. Namun, Belarusia memiliki potensi untuk mengejutkan tim-tim raksasa.

Tahun lalu Belarusia merupakan satu-satunya tim yang mampu mengalahkan Belanda di Kualifikasi Euro 2008. Sementara dalam dua laga persahabatan menghadapi Argentina dan Jerman mereka bisa menyudahinya dengan hasil imbang.

(roz/din)