sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 27 Agu 2009 02:10 WIB

Bahaya Permen Karet bagi Pesepakbola

- detikSport
Brasil - Pemain menguyah permen karet saat bertanding adalah pemandangan biasa dalam sepakbola. Namun sebaiknya mereka lebih waspada pada kebiasaan itu jika tak ingin bernasib seperti Aloisio. Kenapa?.

Kejadian itu terjadi saat laga divisi dua Liga Brasil antara Vasco melawan Brasiliense, Rabu(26/8/2009) waktu setempat, yang berakhir 1-0 untuk Vasco. Ketika pertandingan memasuki babak kedua, Aloisio mengalami benturan hebat dengan seorang pemain lawan yang berakibat Aloisio langsung kolaps dan sempat kehilangan kesadaran.

Dokter tim pun lantas langsung membawa Aloisio ke rumah sakit dan usai mengalami pemeriksaan, dikatakan kalau Aloisio mengalami cedera serius pada kepalanya.

Tak hanya itu, permen karet yang sempat dikunyahnya tertelan, hingga menyebabkan terganggunya saluran pernapasan si pemain dan bahkan bisa dibilang Aloisio hampir saja kehilangan nyawanya karena permen karet tersebut.

"Itu adalah situasi yang sangat serius. Untungnya kami dapat mengindentifikasi penyebabnya dengan cepat dan mengeluarkan permen karet sehingga ia dapat bernafas kembali," tutur Dokter Vasco, Paulo Cesar Rocha, yang dilansir yahoosports.

Aloisio, yang melakukan debut pada laga itu, pun mengatakan kalau ia tak bisa mengingat keseluruhan tragedi yang hampir merenggut hidupnya itu.

Atas pengalaman buruknya itu, Aloisio pun segera membuang kebiasaannya mengunyah permen karet saat sedang bermain bola.

"Aku tidak ingant semuanya. Yang aku ingat hanyalah ketika dokter sedang mengeluarkan permen karet. Aku tidak pernah setakut ini, tak akan lagi aku mengunyah permen karet," curhat Aloisio usai keluar dari rumah sakit.

Untuk menjaga kondisi badannya usai cedera tersebut, Aloisio minimal seminggu harus absen dari lapangan hijau. Kapan ia akan bermain lagi bagi Vasco, tergantung dari tes kesehatan yang akan diberikan kepada Aloisio minggu depan.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed