Kualifikasi Piala Dunia

Perjuangan 18 Negara Belum Berakhir

- Sepakbola
Kamis, 15 Okt 2009 11:16 WIB
Jakarta - Sebanyak 23 negara sudah mem-booking tempat untuk tampil di Piala Dunia 2010. Dengan total 32 tim kontestan yang akan berpartisipasi, sembilan tempat lainnya masih diperebutkan oleh 18 tim.

Kecuali Afrika, seluruh zona sudah melangsungkan matchday terakhirnya pada Kamis (15/10/2009) dinihari WIB tadi. Dari lima wilayah pembagian tersebut, didapat 23 negara yang sudah memastikan terbang ke Afrika Selatan pada pertengahan tahun depan.

Meski fase grup babak kualifikasi akhirnya mencapai titik akhir, bukan berarti perjuangan untuk menuju Piala Dunia sudah tuntas. Dengan masih ada sembilan tempat tersisa, ada 18 tim yang akan bertarung mati-matian di babak playoff.

Dari Benua Eropa (UEFA), ada delapan tim yang akan berduel memperebutkan empat tiket tersisa. Laga babak playoff untuk zona ini akan dilangsungkan dengan sistem home-away pada 14 dan 18 November mendatang.

Delapan tim tersebut adalah Rusia, Prancis, Yunani, Portugal, Ukraina, Republik Irlandia, Bosnia dan Herzegovina serta Slovenia. Mereka semua adalah tim yang cuma menduduki posisi runner up di grupnya masing-masing.

Apakah Zona Oceania bakal punya wakil di Piala Dunia 2010 atau justru Asia yang mengirim lima negara ke Afrika Selatan juga akan diketahui pada 14 November mendatang. Pada tanggal tersebut digelar leg II babak playoff antara Bahrain kontra Selandia Baru. Pertemuan pertama kedua kesebelasan berkesudahan 0-0.

Pertempuran antara dua negara dari dua zona berbeda juga terjadi saat Uruguay ditantang Kosta Rika. La Celeste terpaksa kembali melalui babak playoff setelah ditundukkan Argentina yang membuat mereka cuma bisa duduk di posisi lima Zona CONMEBOL, sedangkan Kosta Rika kalah bersaing dengan Amerika Serikat, Meksiko dan Honduras yang dapat tiket lolos langsung Zona CONCACAF.

Karena belum menyelesaikan matchday terakhirnya, di Afrika masih ada enam negara yang berpeluang lolos menyusul Ghana dan Pantai Gading (serta Afrika Selatan sebagai tuan rumah tentunya).

Enam negara yang masih punya kans lolos tersebut adalah Kamerun dan Gabon (Grup A), Tunisia dan Nigeria (Grup B) serta Algeria dan Mesir (Grup C).

Berikut daftar tim yang masih berpeluang lolos ke Piala Dunia

UEFA (8): Rusia, Prancis, Yunani, Portugal, Ukraina, Republik Irlandia, Bosnia dan Herzegovina, Slovenia
AFC (1): Bahrain*
OFC (1): Selandia Baru*
CONCACF (1): Uruguay**
CONMEBOL (1): Costa Rika**
CAF (6): Kamerun, Gabon, Tunisia, Nigeria, Algeria, Mesir.

* Satu tiket akan diperebutkan antara Zona AFC vs OFC (Bahrain vs Selandia Baru)
* Hal serupa terjadi di zona CONMEBOL vs CONCACF (Uruguay vs Kosta Rika)
(din/a2s)