sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 18 Okt 2009 12:20 WIB

Stadion Bawah Tanah di Qatar

- detikSport
Doha - Jika selama ini publik hanya mengenal stadion olahraga di permukaan tanah, maka Qatar lekas akan membuat kejutan besar dengan membuat stadion mewah yang berada di bawah tanah pertama di dunia.

Seperti diberitakan oleh The Offside, Qatar yang bukan merupakan kekuatan besar di dunia persepakbolaan dunia ingin menunjukkan keseriusan mereka sebagai salah satu calon tuan rumah Piala Dunia 2018 atau 2022.

Qatar sendiri bersama Indonesia, Australia, Jepang dan beberapa negara lain memang dalam setahun ke depan akan bertarung sengit guna memenangkan bidding tersebut.

Stadion yang direncanakan akan selesai tahun depan ini sayangnya hanya berkapasitas 11 ribu tempat duduk saja. Sebuah jumlah yang kecil untuk penyelenggaraan turnamen sekelas Piala Dunia, namun setidaknya bisa jadi nilai lebih bagi Qatar dibanding pesaingnya dalam hal inovasi serta terobosan baru di Sepakbola.

Desain stadion ini menyerupai bentuk laptop, di mana salah satu tribun penonton memiliki ukuran lebih panjang dibanding dua tribun lainnya. Bukan hanya sekadar stadion biasa, stadion yang nantinya diperuntukkan untuk klub lokal Qatar, Al Ahli, ini memiliki fasilitas kelas dunia. Salah satunya adalah stadion ini dilengkapi dengan pendingin udara, sehingga di sini udara akan terasa sejuk meski penonton penuh sesak.

Dengan dibangunnya stadion ini, Timur Tengah makin menancapkan kukunya di dunia persepakbolaan modern saat ini. Dengan dana tak terbatas, sepertinya miliuner asal sana pun dengan mudahnya menggelontorkan uang seperti yang dilakukan Sheik Al Mansour di Manchester City saat ini dan beberapa klub di Inggris pun sudah banyak diincar oleh para pengusaha kaya asal Timur Tengah

Sekarang, kita tunggu seperti apa stadion yang dirancang oleh MZ & Partners dan terletak di ibukota, Doha, ini bila sudah rampung nantinya. (mrp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com