sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 02 Nov 2009 13:15 WIB

Matchday IV Liga Champions

Liverpool Kritis, Enam Tim Berpeluang Lolos

- detikSport
Jakarta - Memasuki paruh kedua fase grup Liga Champions, enam tim berpeluang memastikan lolos ke babak 16 besar. Di sisi lain, Liverpool justru kritis dan terancam terdepak.

Keenam tim yang berpeluang memastikan lolos ke fase knock out adalah mereka yang meraih hasil 100% di tiga pertandingan pertama. Dengan sembilan poin diraih, kemenangan pada matchday keempat sepanjang tengah pekan ini akan mengamankan posisi mereka.

Di Grup B, Manchester United akan menggenggam tiket ke babak 16 besar jika bermain imbang dengan CSKA Moskow di Old Trafford. Dengan nilai 10, hasil terburuk "Setan Merah" di klasemen akhir adalah posisi kedua.

Chelsea juga punya skenario serupa di Grup D, The Blues cuma harus dapat satu poin saat melawat ke Atletico Madrid untuk membuat 10 angka yang dimiliki tak terkejar oleh dua klub penghuni posisi terbawah. Karena Atletico masih berkutat dalam kubang kekalahan, kans "Si Biru" untuk memenuhi target tersebut terbuka lebar.

Sevilla juga butuh hasil imbang saat menjamu VfB Stuttgart. Dengan sembilan poin yang kini sudah dimiliki, Los Rojiblancos akan menjadi salah satu wakil Grup G ke babak 16 besar jika dapat tambahan satu poin lagi.

Grup H malah berpeluang langsung meloloskan dua wakilnya sekaligus di matchday keempat. Arsenal (7 poin) dan Olimpiakos (6 poin) butuh kemenangan atas AZ Alkmaar (2 poin) dan Standard Liege (1 poin) untuk menutup persaingan di grup tersebut.

Klub terakhir yang berpeluang meloloskan satu wakilnya adalah Grup E lewat Olympique Lyon. Uniknya, Lyon (9 poin) butuh kemenangan saat menjamu Liverpool (3 poin) untuk memastikan dirinya lolos dari persaingan fase grup.

Padahal di sisi lain The Reds juga butuh kemenangan untuk setidaknya menjaga peluang dapat tiket ke babak knock out, Steven Gerrard cs saat ini duduk di posisi tiga Grup E. Jika Liverpool sampai kalah atas Lyon, sementara di laga lain Fiorentina (6 poin) menang atas Debrecen (3 poin), maka The Kop harus melupakan tiket ke babak 16 besar.

Jika skenario di atas benar terjadi maka La Viola cuma butuh satu hasil imbang di dua pertandingan terakhir demi memastikan diri menemani Lyon jadi wakil Grup E dan mendepak Liverpool dari Liga Champions.

Tim raksasa lain yang juga masih tersendat adalah Inter Milan di Grup F. Cuma meraih tiga poin dari tiga laga perdana, Nerazzurri kini terpuruk di dasar klasemen.

Tapi anak asuh Jose Mourinho masih lebih beruntung dibanding Liverpool lantaran persaingan di grup tersebut di luar dugaan berlangsung ketat. Barcelona, Dynamo Kiev dan Rubin Kazan sementara masih jadi pemuncak dengan sama-sama mengumpulkan nilai empat dan hanya dipisahkan oleh selisih gol.

Tim yang berpeluang lolos di matchday IV
Manchester United (Grup B)*
Chelsea (Grup D)*
Lyon (Grup E)*
Sevilla (Grup G)*
Arsenal (Grup H)**
Olympiakos (Grup H)** 

*Butuh hasil imbang untuk lolos
** Butuh kemenangan untuk memastikan lolos

Lihat klasemen Liga Champions



(din/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com