'Jayalah Internazionale'

- Sepakbola
Minggu, 23 Mei 2010 15:58 WIB
Jakarta - Inter Milan membuat Italia menyamai Spanyol sebagai negara yang paling sering melahirkan tim juara Eropa, sebanyak 12 kali. Yang bisa dilakukan pers setempat tentu saja memberi pujian setinggi langit.

Selain rekor negara di atas, sukses Inter mengalahkan Bayern Muenchen 2-0 di final Minggu (23/5/2010) dinihari WIB juga mengakhiri puasa panjang Nerazzurri di turnamen tersebut. Mereka menambah frekuensi gelarnya menjadi tiga, setelah yang terakhir didapat di masa "lampau", tepatnya di tahun 1965.

Berikut ini cukilan beberapa surat kabar besar di Italia yang terbit di pagi harinya, yang dilansir Reuters, menyambut kejayaan Inter dan pelatih Jose Mourinho yang selama ini sangat sering dijadikan bulan-bulanan oleh media lokal.

La Gazetta Sportiva

CUMA INTER

"Milito hancurkan Bayern. Mou menangis dan berpisah."

"Dua gol dari si Argentina nan super memberi Inter yang hebat singgasana Eropa 45 tahun setelah Herrera. Inilah mahkota ketiga di musim ini, sesuatu yang belum pernah terjadi di Italia."

Corriere dello Sport

INTER, SEBUAH DONGENG

"(Inter) memenangi Liga Campions setelah 45 tahun. Mourinho menangis: Aku pergi."

"Inilah mahkota untuk Mourinho, seorang pelatih luar biasa yang memberi akselerasi pada sebuah klub yang ingin kembali ke dimensi internasionalnya."

Corriere della Sera

INTER YANG BERJAYA DI MASA LALU LAHIR KEMBALI

"Inter ole', Eropa di kaki mereka.

"Penantian telah usai, serangan (pada mereka) telah terpatahkan."

La Repubblica

INTER, MALAM KEJAYAAN. TAPI MOU HENGKANG

"Ada tiga 'M' di klub ini di musim ini: Moratti, Milito, dan si orang Portugal itu -- Sulit menggantikan dia."
(a2s/a2s)