Liga Champions

Para Raja pun Langsung Berjibaku

- Sepakbola
Jumat, 27 Agu 2010 00:54 WIB
Jakarta - Pertarungan di Grup G Liga Champions musim ini dipastikan akan berjalan sengit dan menarik. Sebab grup yang boleh dibilang 'Grup Maut' itu berisikan juara-juara Eropa macam Real Madrid, AC Milan dan Ajax Amsterdam.

Kondisi itu tercipta setelah pengundian fase Grup yang dilakukan di Monte Carlo, Monako, Kamis (26/8/2010) malam WIB. Milan dan Madrid untuk kedua kalinya secara beruntun bertemu lagi di fase grup, setelah musim lalu juga bergabung di grup sama.

Madrid dan Milan yang merupakan dua klub pengumpul gelar terbanyak (Madrid sembilan dan Milan tujuh) di kompetisi ini akan bergabung dengan Ajax yang sudah mengoleksi empat trofi. Jadi bisa dibilang grup ini adalah kumpulan Raja Eropa di mana total ada 20 trofi dari ketiga klub itu.

Mereka pun jadi tiga dari lima tim yang punya Badge Of Honour alias tim yang minimal bisa meraih tiga gelar beruntun atau sudah mengumpulkan lima trofi. Dua lainnya adalah Liverpool dan Bayern Munich.

Madrid yang musim ini ditangani Jose Mourinho tentunya punya jalan awal yang berat dalam misinya meraih trofi Liga Champions ke-10 sekaligus mengakhiri puasa selama sembilan musim, sejak terakhirnya merebutnya pada tahun 2002.

Dengan pencapaiannya musim lalu bersama Inter Milan yaitu meraih trebel gelar, jelas ekspetasi tinggi disematkan pada Mourinho untuk membawa Pasukan Galacticos berjaya musim ini di Spanyol maupun Eropa.

Jika menilik pada kualitas pemain yang dimiliki Mourinho saat ini jelas ketiga tim yang berada di grup ini berada di bawah Los Merengues. Namun itu tak menjamin Madrid bakal melangkah mudah karena musim lalu mereka merasakan hal yang sama.

Milan yang kini diasuh Massimo Allegri akan jadi lawan tertangguh di grup ini sebab Rossonerri musim lalu tak terkalahkan dari dua laganya melawan Madrid. Menang 3-2 di Santiago Bernabeu dan imbang 1-1 di San Siro. Meski minim pembelian besar musim ini, skuad yang berisikan Alexandre Pato, Ronaldinho, Klaas Jan Huntelaar, Andrea Pirlo dan kemungkinan Zlatan Ibrahimovic akan jadi batu sandungan pertama El Real.

Bagaimana dengan Ajax? Mantan penguasa Eropa di tahun 1971-1973 dan 1995 itu untuk pertama kalinya kembali ke panggung terelit Eropa setelah lima tahun absen. Pasukan Martin Jol ini bisa dianggap sebagai kuda hitam yang bisa sewaktu-waktu menganggu Madrid dan Milan. Namun untuk mengulang prestasi 15 tahun lalu rasanya sulit bagi Luis Suarez cs.

Satu tim tersisa penghuni grup ini adalah wakil Prancis Auxerre. Tim yang musim lalu finis di posisi ketiga ini bisa jadi hanya berstatus sebagai "penghibur". Namun bukan berarti tak boleh diremehkan sebab tim yang dilatih mantan bintang Prancis era 80-an Jean Fernandez punya kans untuk membuat kejutan.

Untuk menyaksikan matchday awal dari 'Grup Neraka' ini tunggu kickoff perdananya pada tanggal 14-15 September mendatang.

(mrp/nar)