ADVERTISEMENT

Mantan Wasit Dunia Ditahan karena Heroin

- Sepakbola
Rabu, 22 Sep 2010 05:25 WIB
New York - Byron Moreno, wasit yang pernah menciptakan kontroversi di Piala Dunia 2002, ditangkap oleh aparat di Amerika Serikat. Moreno dituduh menyelundupkan heroin seberat 6 kilogram.

Moreno dihentikan oleh petugas DEA di Bandara John F Kennedy, New York, pada hari yang tidak diinformasikan. Moreno disebut membawa 6 kg heroin di pakaian dalamnya. Demikian dikutip Football Italia dari sejumlah koran di Ekuador.

Moreno adalah wasit kontroversial yang memimpin laga antara Korea Selatan vs Italia di babak kedua Piala Dunia 2002. Ia menolak sejumlah klaim penalti Italia, menganulir gol dan mengusir keluar Francesco Totti.

Pada saat itu, Italia kalah 1-2 dari Korsel melalui perpanjangan waktu dan seluruh negeri semenanjung itu berang kepada Moreno yang dianggap memihak tuan rumah.

September 2002, Moreno kembali berulah. Saat memimpin laga Deportiva de Quito vs Barcelona, ia memberi injury time sampai 13 menit. Akibatnya, Moreno pun diskorsing selama 20 pertandingan.

Moreno yang kelahiran tahun 1969 akhirnya pensiun pada tahun 2003 dan kemudian banting setir menjadi komentator televisi.

Foto:
Byron Moreno di Piala Dunia 2002 yang kontroversial. (Getty Images/Ben Radford)


(arp/roz)

ADVERTISEMENT