sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 31 Des 2010 01:26 WIB

D'Alessandro Pemain Latin Terbaik 2010

- detikSport
Jakarta - Gagal jadi bintang di Eropa, Andres D'Alessandro tampil gemilang saat bermain di Brasil bersama Internacional. Gelandang serang asal Argentina itupun terpilih sebagai pesepakbola latin terbaik 2010.

Dikutip dari Reuters, D'Alessandro mendapat suara terbanyak dalam sebuah voting yang dilakukan terhadap 400 wartawan olahraga di kawasan latin. Dia mengalahkan rekan senegaranya, Sebastian Veron, dan bintang muda Brasil, Nilmar.

Adalah sukses mengantar Internacional menjuarai Piala Libertadores yang membuat D'Alessandro mendapat penghargaan bergengsi tersebut. Sayangnya pesepakbola 29 tahun tersebut tak mampu memberi klubnya gelar Piala Dunia Antarklub karena mereka kalah mengejutkan di babak semifinal.

D'Alessandro bergabung dengan Internacional pada tahun 2008 setelah sebelumnya sempat bermain di Wolfsburg, Portsmouth dan Real Saragoza dan San Lorenzo. Digadang-gadang sebagai calon bintang baru Argentina di awal kemunculannya, jebolan River Plate itu bahkan tak masuk skuad Tango di Piala Dunia 2006 dan 2010.

Sementara itu, meraih gelar pelatih latin terbaik adalah Oscar Tabarez. Penghargaan tersebut dianggap pantas dia terima setelah sukses mengantar Uruguay masuk semifinal Piala Dunia 2010. Tabarez mengalahkan Marcelo Bielsa (pelatih Chile) di posisi dua dan Alejandro Sabella (Estudiantes) di urutan tiga.

Penghargaan pemain latin terbaik dihelat oleh harian kenamaan Uruguay, El Pais dan mendapat pengakuan dari Asosiasi Sepakbola Amerika Selatan (CSF). Mulai digelar sejak tahun 1986, penghargaan ini hanya diberikan pada mereka yang berkiprah di negara-negara latin.

(din/nar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com