Piala Asia 2011

Uzbekistan Bungkam Qatar 2-0

- Sepakbola
Sabtu, 08 Jan 2011 01:07 WIB
Doha - Uzbekistan mengawali kiprahnya di Piala Asia 2011 dengan hasil gemilang. Maksim Shatskikh dkk sukses membungkam tuan rumah Qatar dengan skor 2-0.

Bertanding di Khalifa International Stadium, Jumat (7/1/2011), Uzbekistan tampil lebih dominan. Mengandalkan tusukan Jasur Khasanov dari sayap kiri, tim asuhan Vadim Abramov ini banyak mengancam gawang tim tuan rumah.

Uzbekistan memperoleh peluang emas di menit ketujuh. Memanfaatkan gagalnya jebakan offside Qatar, Khasanov mendapat umpan matang yang membuatnya tinggal berhadapan dengan kiper Qatar, Qasem Burhan. Sayang, tembakannya masih bisa dihalau Burhan.

Di menit ke-12 Khasanov kembali mengancam gawang Qatar. Tendangannya dari sudut sempit bisa diblok bek Qatar dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Di menit ke-37, tim tuan rumah ganti mengancam Uzbekistan. Namun tendangan bebas Fabio Cesar Montezine hanya menerpa tiang gawang.

Babak pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Qatar langsung menggebrak. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti lawan, Hussain Abdulrahman melepaskan tendangan lob ke gawang ke gawang Uzbekistan yang sudah ditinggalkan kipernya. Namun bek Uzbekistan masih sigap membuang bola yang mengarah ke gawang mereka.

Khasanov mengancam gawang Qatar di menit ke-57. Sepakan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti dengan susah payah ditepis Burhan.

Uzbekistan akhirnya membuka keunggulan semenit berikutnya. Tendangan keras kaki kanan Odil Akhmedov dari luar kotak penalti terlalu deras untuk dihentikan oleh Burhan. Qatar 0 Uzbekistan 1.

Uzbekistan punya peluang untuk menggandakan keunggulan di menit ke-73. Namun tembakan jarak dekat yang dilepaskan pemain pengganti Sanjar Tursunov masih bisa dimentahkan Burhan.

Gol kedua Uzbekistan lahir di menit ke-77. Diawali kecerobohan bek Qatar dalam mengoper bola, bola berhasil dicuri Server Djeparov. Dengan sekali sontek, kapten Uzbekistan itu berhasil menjebol gawang Burhan.

Di menit akhir laga, Qatar sempat mencoba memperkecil ketertinggalan. Namun tembakan Ibrahim dari luar kotak penalti masih bisa dijinakkan Nesterov.

Kedudukan 2-0 untuk Uzbekistan bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini mengantarkan Uzbekistan ke puncak klasemen Grup A dengan tiga poin. Sementara Qatar menghuni posisi juru kunci dengan poin nol. Dua tim lain di grup ini, Kuwait dan China, baru akan bertanding Sabtu (8/1/2011) malam.


Susunan pemain:
Qatar: Burhan, Ismael, Mohammed, Al Ghanim, Majed, Fabio Cesar (Ahmed 80'), Lawrence, Rizik, Yaser (Ibrahim 61'), Al Marri (El Sayed 62'), Suria

Uzbekistan: Nesterov, Karpenko, Ismailov, Akhmedov, Juraev (Andreev 53'), Shatskikh, Haydarov, Djeparov, Kapadze, Khasanov (Tursunov 66'), Geynrikh (Novkarov 89')

(a2s/a2s)