sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 10 Jan 2011 01:50 WIB

Piala Asia

Arab Saudi Dibekuk Suriah, Jepang Nyaris Kalah

- detikSport
AL Rayyan - Kemenangan 2-1 dipetik Suriah saat berhadapan dengan salah satu tim tangguh Asia, Arab Saudi. Kejutan juga hadir di partai lain setelah Jepang nyaris menelan kekalahan atas Yordania.

Suriah sukses menghadirkan kejutan pada partai pertamanya di Piala Asia 2010. Walau di atas kertas jauh di bawah Arab Saudi yang runner runner-up Piala Asia 2007 lalu, tiga poin mampu didulang.

Tampil di Stadion Ahmed Bin Ali, Suriah yang rangking 107 dunia --posisi 13 di Asia-- unggul duluan lewat gol Abdelrazaq Al-Hussain pada menit 37.

Arab Saudi yang adalah tim dengan peringkat FIFA terbaik lima di Asia --rangking 81-- baru bisa menyamakan skor pada menit 60 melalui Taisser Al Jassim.

Akan tetapi, skor imbang hanya bertahan tiga menit. Abdelrazaq Al-Hussain kembali membuat kiper Waleed Abdullah harus memungut bola dari dalam gawangnya pada menit 63.

Kemenangan tersebut membuat Suriah menjadi satu-satunya tim di Grup B yang berhasil memetik poin penuh. Di partai sebelumnya, Jepang hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Yordania.

Jepang, yang di dunia menempati rangking 29 sehingga menjadi tim terbaik Asia setelah Australia, bahkan nyaris saja menelan kekalahan di partai pertamanya tersebut.

Setelah kebobolan oleh gol Hasan Abdel Mahmoud dua menit menjelang jeda, Jepang tak kunjung bisa membalas Yordania yang peringkat 104 dunia. Barulah di menit-menit akhir Maya Yoshida mampu mengamankan satu angka untuk 'Samurai Biru'.

Susunan Pemain:


Saudi Arabia: Waleed Abdullah; Mishal Al Saeed, Abdullah Shuhail, Osama Hawsawi, Osama Al-Mouallad; Saud Ali Khariri, Ahmed Ateef, Abdoh Autef (Taisser Al Jassim '46), Manaf Aboushgair (Nawaf Al-Abed '67); Yasser Al Qahtani, Naser Al-Shamrani (Naif Hazazi '57).

Suriah: Mosab Balhous; Wael Aian (Samer Awadh '23), Belal Abduldaim, Ali Dyab, Esmaeel Feras, Abd Dakka, Nadim Sabagh; Jehad Alhoussain (Qusay Habib '77), Abdelrazaq Al-Hussain; Sanharib Malki (Adel Abdullah '66), Mohamed Al-Zeno




(krs/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com