sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 14 Jan 2011 01:19 WIB

Piala Asia

Arab Saudi Tersingkir, Jepang Puncaki Klasemen

- detikSport
Doha - Juara Piala Asia tiga kali Arab Saudi dipastikan tersingkir usai ditekuk Yordania di laga kedua grup B. Sementara Jepang sukses mengambil alih puncak klasemen usai memenangi partai alot kontra Suriah.

Pertandingan antara Arab Saudi verus Yordania berlangsung di Al Rayyan Stadium, Kamis (13/1/2011) malam WIB. Di laga tersebut tim berjuluk 'Elang Hijau' itu takluk 0-1 lewat gol Bahaa Abdelrahman di menit 42.

Abdelrahman yang tak terkawal membuat umpan silang dan melengkung masuk ke gawang Arab. Ini adalah kesalahan si kiper Waleed Abdullah yang seharusnya bisa menebak arah bola.

Dengan kekalahan ini, Arab Saudi praktis tersingkir dari turnamen usai di laga sebelumnya juga kalah dari Suriah 1-2. Arab kini duduk di dasar klasemen tanpa poin.

Di pertandingan grup B lainnya Jepang sukses memetik kemenangan pertamanya dengan skor 2-1 atas Suriah di Qatar Stadium. Laga ini diwarnai oleh pengusiran seorang pemain dari masing-masing kubu.

Tiga angka yang diperoleh menempatkan Jepang di urutan teratas grup dengan empat poin menggusur Yordania yang memiliki nilai sama. Sementara Suriah ada di urutan tiga dengan nilai tiga.

Blue Samurai unggul lebih dahulu lewat Makoto Hasebe di menit 35 dan berhasil mempertahankan keunggulannya hingga turun minum.

Namun Jepang harus bermain dengan 10 orang di menit 72 setelah kiper Eiji Kawashima di kartu merah usai mengganjal pemain lawan di kotak terlarang dan wasit menunjuk titik putih. Tampil sebagai algojo Firas Al Khatib yang sukses menyamakan skor.

Meski kurang pemain, skuad arahan Alberto Zaccheroni itu justru kian agresif. Sejumlah peluang didapat dari Keisuke Honda tapi belum berujung gol.

Di menit 82, Jepang gantian mendapat hadiah penalti usai Shinji Okazaki dijatuhkan. Honda menjadi eksekutor yang sukses menyarangkan bola ke arah tengah gawang.

Tiga menit sebelum laga usai sebuah peluang emas didapat Suriah. Tetapi upayanya itu masih dapat digagalkan si kiper pengganti, Shusaku Nisikawa.

Di masa injury time, Suriah kehilangan Nasim Sabag yang menerima kartu kuning kedua. Ia dipaksa keluar lapangan usai melakukan pelanggaran atas tendangan bebas Jepang.

Jepang berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 hingga peluit panjang wasit dibunyikan.

Tiga tim yang masih berpeluang lolos ke babak berikutnya akan melakoni laga penentuan pada 16 Januari mendatang. Jepang harus meladeni Arab diikuti partai antara Yordania versus Suriah. (rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com