sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 29 Jan 2011 00:43 WIB

Diancam Sanksi UEFA, Ukraina Bisa Batal Gelar Euro 2012

- detikSport
Nyon - Karena intervensi pemerintah terhadap asosiasi sepakbolanya, Ukraina terancam sanksi UEFA. Jika hukuman tersebut benar-benar jatuh, maka hak negara tersebut menjadi tuan rumah Piala Eropa 2012 dipastikan hilang.

"Itu jelas jika Federasi Sepakbola Ukraina dibekukan keanggotaannya, maka rencana menggelar Piala Eropa 2012 di negara tersebut tak bisa dipertahankan," tegas Sekretaris Umum UEFA Gianni Infantino.

Diberitakan Reuters, Ukraina terancam sanksi pembekuan keanggotaan menyusul terjadinya intervensi yang dilakukan pemerintah setempat terhadap Asosiasi Sepakbola Ukraina (UFU). UEFA mengklaim memiliki bukti akan tuduhan tersebut yang diambil dari Kongres UFU tahun lalu.

"Intervensi politik dilarang, itu sesuatu yang tak bisa kami terima. Ini masalah yang cukup rumit. Tapi intinya ini adalah soal intervensi politik terhadap kerja federasi. Sebuah kongres yang dijadwalkan berlangsung 15 Desember 2010 gagal terselesaikan karena intervensi ini," lanjut Infantino.

UEFA mengambil langkah tegas terhadap kasus tersebut dengan memberi waktu pada UFU untuk menuntaskan masalah ini hingga 4 Februari mendatang. Jika sampai tenggat itu tak ada surat dari UFU yang memastikan telah tuntasnya masalah tersebut, maka Ukraina dipastikan akan dihukum.

"Kami sudah mendiskusikan hal ini dan telah menulis surat pada federasi sepakbola Ukraina, dan meminta, seperti halnya FIFA, langkah nyata yang harus dilakukan dan konfirmasi kalau kondisinya sudah membaik."

"Kami yakin kalau situasi ini bisa dipecahkan dengan baik dan memberikan kepuasan pada semua pihak," tuntas Infantino.

Selain intervensi politik, kemampuan Ukraina menjadi tuan rumah bersama Piala Eropa 2012 bersama Polandia juga diragukan banyak pihak. Itu terkait dengan molornya pembangunan berbagai sarana dan prasarana, termasuk stadion yang mundur dari jadwal.

Polandia dijadwalkan akan menggelar seremoni dan laga pembukaan Piala Eropa 2012 doi Warsawa. Sedangkan Ukraina kebagian jatah final dalam pertandingan yang bakal dilangsungkan di Kiev.

(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com