Van der Meyde Pensiun Dini

- Sepakbola
Sabtu, 26 Feb 2011 04:10 WIB
Amsterdam - Keputusan mengejutkan dibuat oleh Andy van der Meyde. Di usianya yang baru menginjak 31 tahun, eks winger timnas Belanda ini memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola profesional.

"Saya berhenti, saya tak mau bermain lagi," ungkap van der Meyde singkat, kepada majalah mingguan Belanda, NU-sport.

Van der Meyde mengawali kariernya di Ajax Amsterdam pada tahun 1997. Dia sempat dipinjamkan ke Twente pada musim 1999/2000.

Penampilan cemerlangnya di Ajax membuat raksasa Italia, Inter Milan, menggaetnya pada tahun 2003. Alih-alih menggapai puncak karier, dia malah melempem di San Siro. Alhasil, dia pun dibuang ke Everton dua tahun kemudian.

Di Everton, nasib pemain kelahiran Arnhem ini tak lebih baik. Selama empat musim membela The Toffees, dia hanya 20 kali turun ke lapangan.

Van der Meyde akhirnya mudik ke Belanda pada awal musim 2009/2010 dengan bergabung ke PSV Eindhoven. Di sini, dia tak sekali pun dimainkan dan akhirnya memutuskan untuk pensiun dari sepakbola.

Van der Meyde juga sempat jadi andalan di timnas Belanda. Dia 17 kali mengenakan seragam Oranje dan menyumbangkan satu gol. (a2s/a2s)