sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 27 Mar 2011 00:43 WIB

Formasi Baru Menangkan Inggris

- detikSport
Cardiff - Menghadapi Wales, pelatih Inggris Fabio Capello menerapkan formasi 4-3-3. Formasi yang relatif baru ini membuahkan hasil positif yakni kemenangan yang membuat Inggris memuncaki klasemen sementara.

Inggris mengatasi Wales 2-0 dalam laga di Stadion Millenium, Sabtu (26/3/2011) malam WIB. Dua gol anak buah Fabio Capello dikemas oleh penalti Frank Lampard dan Darren Bent. Hasil ini membuat tim "Tiga Singa" berhasil memuncaki klasmen sementara Grup G.

"Ini formasi baru bagi kami, namun orang sudah paham apa yang kami lakukan dan bagaimana formasi itu bekerja. Kami bekerja untuk mendapatkan bola kembali dan ketika kami kehilangan bola, kami bisa langsung menekan lawan," ujar gelandang Inggris Ashley Young seperti dikutip dari BBC.

Pelatih Inggris Fabio Capello menilai bahwa formasi 4-3-3 ini berhasil membuat Young tampil maksimal. Meski tak mencetak gol, namun peman Aston Villa itu merupakan arsitek dari seluruh gol St.George Cross. Dalam pertandingan tersebut, Don Fabio memainkan Young sebagai tiga penyerang bersama Bent dan Wayne Rooney.

"Saya memutuskan memakai formasi itu setelah melihat pertandingan Wales. Formasi itu sangat bagus karena pemain seperti Ashley Young sangat berkembang," ujar Capello dilansir dari Reuters.

"Ada posisi baru untuk Rooney dan Ashley Young. Ketika kami bertahan, kedua pemain itu masih tetap bermain melebar. Formasi ini sangat bagus, namun saya masih belum tahu apakah ini saya gunakan lagi di pertandingan selanjutnya atau tidak. Semua tergantung siapa lawan kami."

Arsitek asal Italia itu juga memuji spirit tim secara keseluruhan. "Kami bekerjasama untuk merebut bola, pemain saling bantu satu sama lain," tutup dia.


===

Foto: Pemain Inggris Ashley Young berusaha mempertahankan bola dari upaya pemain Wales Danny Collins dalam laga lanjutan kualifikasi Euro 2012 di Stadion Millenium, Cardiff, Sabtu (26/3/2011) malam WIB (Getty Images)





(nar/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com