Tampil Cemerlang, Neymar Dilempar Pisang

- Sepakbola
Senin, 28 Mar 2011 01:01 WIB
London - Neymar jadi bintang saat Brasil menundukkan Skotlandia di laga ujicoba. Kecemerlangan aksi Neymar itu sayangnya dinodai aksi tak terpuji dari penonton.

Dua gol diceploskan Neymar ke gawang Skotlandia saat Brasil menang 2-0 di Stadion Emirates, Inggris, Minggu (27/3/2011) malam WIB.

Sukses memborong gol kemenangan 'Tim Samba', pemain Santos berusia 19 tahun itu pun jadi sasaran ketidaksukaan para penonton Skotlandia.

Para pendukung Skotlandia sepertinya memang sudah kurang respek terhadap Neymar. Pasalnya ia beberapa kali dicemooh di awal-awal pertandingan karena dinilai acap pura-pura cedera.

Puncak ketidaksukaan dari fans Skotlandia itu adalah saat sebuah pisang dilemparkan ke arah Neymar ketika pertandingan tersebut memasuki kisaran menit ke-77.

Penyerang yang juga piawai beraksi sebagai gelandang serang itu sendiri mengaku tidak melihat pisang itu melayang. Ia baru sadar tatkala mendapati ada sebuah pisang teronggok di atas lapangan, tidak jauh dari posisinya saat itu.

"Terjadinya hal-hal seperti ini menyedihkan sekali, tapi aku tidak akan terlalu memikirkannya," ujar Neymar kepada Reuters.

"Ini hari yang luar biasa dan sudah pasti layak untuk dikenang," lanjutnya santai.

Pelatih Brasil Mano Menezes mengaku tidak melihat insiden tersebut tapi sangat menyayangkannya.

Sedangkan Lucas Leiva, gelandang Brasil yang bermain di Inggris bersama Liverpool, ikut prihatin dengan aksi berbau rasis yang menimpa rekan setimnya tersebut.

"Dewasa ini tidak ada tempat untuk rasisme. Eropa, yang dikategorikan sebagai dunia pertama, adalah tempat di mana hal ini justru sering terjadi. Hari ini warna kulit dan ras harusnya tidak berarti apa-apa," tegas Lucas kepada Globo TV.


(krs/rin)