sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 17 Nov 2011 22:29 WIB

Blatter-Ferdinand 'Perang' di Twitter

- detikSport
Zurich - Rio Ferdinand melayangkan kritik untuk Sepp Blatter di Twitter, sehubungan dengan isu rasisme. Lewat Twitter pula Blatter membalas.

Ferdinand, pemain Inggris dan Manchester United, mengkritik si presiden FIFA menyusul komentarnya yang terkesan menyepelekan masalah rasisme di dunia sepakbola. Kritik itu dilakukannya via layanan jejaring sosial Twitter.

Blatter sendiri lantas mengaku bahwa pernyataannya mengenai isu rasisme sudah salah diartikan. Ia kemudian seraya menegaskan komitmen FIFA dalam menendang keluar rasisme dari sepakbola.

Usaha klarifikasi Blatter itu dilakukan di situs resmi FIFA dalam sebuah artikel berjudul "Blatter: Committed to fight against racism", yang memajang foto Blatter bersama dengan Menteri Urusan Kemanusiaan Afrika Selatan Tokyo Sexwale, yang kebetulan berkulit hitam.

Sexwale juga dikenal sebagai tokoh anti-apartheid, yang mana membuatnya sempat diasingkan ke Pulau Robben pada era apartheid di Afrika Selatan.

Akan tetapi, artikal berisikan klarifikasi Blatter itu tidak diterima dengan baik oleh Ferdinand yang hanya melihatnya sebagai usaha pencitraan.

"FIFA meluruskan komentar Blatter dengan gambar dirinya berpose dengan seorang pria berkulit hitam," tulis Ferdinand.

Blatter, dan tim manajemennya di Twitter, lantas tersengat untuk membalas. Kicauan Ferdinand pun kemudian dibalas.

"'Pria kulit hitam', sebagaimana sebutanmu, memiliki nama: Tokyo Sexwale. Ia sudah melakukan pekerjaan luar biasa melawan rasisme dan apartheid di Afrika."

"Kami sudah melakukan sejumlah aktivitas bersama untuk meningkatkan kewaspadaan mengenai pergulatan lawan rasisme di Afrika Selatan. FIFA memiliki catatan panjang di area anti-diskriminasi yang mana akan terus berjalan," sergah Blatter.

(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com