ADVERTISEMENT

Casillas: Spanyol Belum Tentu Lolos ke Piala Dunia 2014

- Sepakbola
Senin, 10 Sep 2012 19:54 WIB
AFP/Miguel Riopa
Tbilisi - Kapten Spanyol, Iker Casillas, menyebut keharusan tim juara bertahan Piala Dunia mengikuti kualifikasi sebagai hal yang aneh. Dia juga menyadari bahwa La Furia Roja belum tentu lolos ke Brasil 2014.

Di masa lalu, tim juara Piala Dunia akan secara otomatis lolos ke turnamen edisi selanjutnya. Tapi, aturan ini diubah sejak tahun 2006, sehingga Brasil yang juara di tahun 2002 harus melewati babak kualifikasi untuk bisa tampil di putaran final.

Demikian pula halnya dengan Spanyol yang jadi kampiun tahun 2010. Mereka harus berjuang dulu di babak kualifikasi untuk bisa mencapai putaran final di Brasil, dua tahun mendatang.

"Memang aneh dan tak biasa kalau juara dunia tak punya tiket otomatis ke Brasil, tapi mereka sudah memutuskan bahwa lebih baik sang juara mengikuti kualifikasi lebih dulu," ucap Casillas yang dikutip Soccernet.

"Bisa saja terjadi kami tak mencapai Piala Dunia dan akan aneh kalau juara bertahan tak ada di sana untuk mempertahankan gelarnya, tapi kami cuma memikirkan apa yang sedang kami lakukan," lanjut kiper Real Madrid ini.

Di babak kualifikasi zona Eropa, Spanyol masuk Grup I bersama Prancis, Belarusia, Finlandia, dan Georgia. Mereka akan mengawali kualifikasi dengan menghadapi tuan rumah Georgia di Tbilisi, Selasa (11/9/2012).

"Kami ingin merebut tiga poin pertama karena kami tahu bahwa secara teori kami punya pertandingan-pertandingan yang harusnya tak memberi masalah, selain Prancis. Tapi, kami tahu bahwa mereka adalah lawan yang bisa mencuri poin dari kami," kata Casillas.

(mfi/a2s)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT