DetikSepakbola
Minggu 12 Oktober 2014, 03:44 WIB

Kualifikasi Piala Eropa 2016

Jerman Ditundukkan Polandia 0-2

- detikSport
Jerman Ditundukkan Polandia 0-2 Janek Skarzynski/AFP
Warsawa -

Kejutan terjadi di laga kualifikasi Grup D. Sang juara dunia sekaligus tim favorit, Jerman, menyerah 0-2 dari Polandia dalam pertandingan di Stadion Narodowy, Warsawa, Minggu (12/10) dinihari WIB.

Sejak awal, Jerman tampil lebih dominan tapi Polandia mampu bertahan dan paruh pertama ditutup dengan skor imbang tanpa gol. Di babak kedua, Polandia yang justru lebih banyak tertekan mampu membuka skor lewat Arkadiusz Milik di menit ke-51.

Gempuran bertubi-tubi Jerman dalam upaya menyamakan kedudukan tidak berhasil. Malah Polandia berhasil memperbesar keunggulannya di menit-menit akhir lewat pemain pengganti Sebastian Mila.

Dengan kekalahan ini, Jerman turun ke peringkat ketiga klasemen sementara grup dengan tiga poin di bawah Republik Irlandia, yang di laga sebelumnya menumpas Gibraltar 7-0 dengan nilai enam. Polandia di posisi teratas dengan nilai yang sama namun unggul selisih gol.

Thomas Mueller memberi Wojciech Szczesny ujian pertama di menit ke-11. Menerima operan Mario Gotze, Mueller melepaskan tendangan kaki kanan yang kencang tapi bola bisa ditangkap.

Lima menit berselang, Polandia mengklaim penalti setelah Robert Lewandowski dijatuhkan Antonio Rudiger. Namun, wasit tidak menilai ada pelanggaran dan permainan dilanjutkan.

Jerman kembali mengancam. Di menit ke-19, Mats Hummels menyongsong bola sepak pojok dengan sundulan ke arah tiang dekat. Namun, Kamil Glik mencegat bola sebelum bisa membahayakan gawang Polandia.

Peluang paling berbahaya Jerman terlahir di menit ke-38. Umpan silang cantik Goetze dari sisi kiri, diterima Karim Bellarabi di sisi kanan. Namun sepakan Bellarabi ke tiang jauh melebar tipis.

Semenit kemudian, serangan balik Jerman nyaris berbuah gol pembuka. Mueller menerima operan dari Andre Schuerrle, dengan dibayangi oleh beberapa pemain lawan ia menusuk ke kotak penalti. Sayang, penyelesaian akhir dengan kaki kiri menyamping dan berbuah tendangan gawang.

Bellarabi kembali mengancam. Dari operan Mueller, Bellarabi meneruskan dengan tembakan ke tiang jauh tapi Szczesny menjatuhkan badannya untuk menangkap bola.

Setelah banyak menerima tekanan, Polandia justru berhasil mencuri gol dimenit ke-51. Crossing Lukasz Pizczek dari kanan, disambut Arkadiusz Milik dengan sundulan yang melewati penjagaan Manuel Neuer.

Tertinggal, Jerman kian bernafsu mencetak gol. Dari serangan balik, sepakan Schuerrle mentah di tangan Szczesny. Demikian pula tendangan jarak dekat Gotze dan upaya Erik Durm.

Szczesny kembali menggagalkan peluang Jerman. Di menit ke-79, sepakan keras Bellarabi ditepisnya untuk menghasilkan sepak pojok.

Di menit ke-81, Podolski langsung menebar ancaman tidak lama setelah masuk menggantikan Schuerrle. Meski begitu, tendangan voli kaki kirinya mengenai mistar gawang. Polandia masih unggul 1-0.

Empat menit menjelang bubaran, peluang Jerman lain tercipta. Sepakan Bellarabi membentur pemain Polandia, bola rebound diteruskan Goetze tapi tendangannya melambung.

Kemenangan Polandia dipastikan Mila di menit ke-88. Dari serangan balik, bola sodoran Lewandowski disambut Mila dengan sepakan yang menembus gawang Jerman. Polandia kini memimpin 2-0.

Memasuki masa injury time, Jerman memperoleh tembakan bebas yang dieksekusi Toni Kroos. Tapi sepakannya hanya berujung tendangan gawang karena bola hanya melambung tipis di pojok kanan atas gawang Polandia.



Susunan Pemain
POLANDIA: Szczesny, Piszczek, Szukala, Glik, Wawrzyniak (Jedrzejczyk 84'); Grosicki (Sobota 71'), Krychowiak, Jodlowiec, Rybus; Milik (Mila 77'), Lewandowski

JERMAN: Neuer, Hummels, Ruediger (Krause 83'), Boateng, Durm, Kramer (Draxler 71'), Kroos, Bellarabi, Goetze, Schuerrle (Podolski 77'), Mueller


(rin/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed