DetikSepakbola
Kamis 03 September 2015, 12:13 WIB

Bursa Transfer Musim Panas: Jorge Mendes Menang Besar (Lagi)

Doni Wahyudi - detikSport
Bursa Transfer Musim Panas: Jorge Mendes Menang Besar (Lagi) ist.
Jakarta -

Siapa yang diuntungkan dari transfer Anthony Martial, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi? Bukan Manchester United, AS Monaco, Valencia, atau Manchester City. Pemenang di bursa transfer musim panas ini adalah Jorge Mendes.

Jorge Mendes, 49 tahun, adalah agen dari nama-nama yang disebut di atas. Media-media Eropa menjulukinya 'Super Agent' karena Gestifute Agency miliknya punya klien-klien kelas kakap seperti Cristiano Ronaldo, James Rodriguez, Thiago Silva, Diego Costa, Falcao, David De Gea, Sergio Aguero, dan juga Jose Mourinho.

Harian olahraga yang bermarkas di Catalunya, Sport, menyebut kalau di musim panas ini Mendes terlibat dalam transaksi yang jumlahnya mencapai 400 juta euro. Angka tersebut setara dengan Rp 8,5 triliun.

Dari enam transfer termahal di musim panas ini, tiga di antaranya difasilitasi Mendes. Mereka adalah Di Maria (44,1 juta poundsterling), Martial (35 juta poundsterling) dan Otamendi (31,22 juta poundsterling).

Angka tersebut malah bisa lebih besar lagi andai David De Gea jadi pindah dari Manchester United ke Real Madrid.

Transfer-transfer lain di musim panas 2015 yang melibatkan pria asal Portugal ini adalah Jackson Martinez (Porto ke Atletico Madrid, 35 juta euro), Arda Turan (Atletico ke Barcelona, 34 juta euro) and Abdennour (Monaco ke Valencia, 25 juta euro).

Daftarnya bertambah panjang dengan nama-nama seperti Joao Cancelo (Benfica ke Valencia, 15 juta euro), Ivan Cavaleiro (Benfica ke Monaco, 15 juta euro), Santi Mina (Celta ke Valencia, 10 juta euro), Raul Jimenez (Atletico ke Benfica, 9 juta euro), Danilo Barbosa (Braga ke Valencia, 7 juta euro), Bernard Mensah (Atletico ke Getafe, 6 juta euro), Aderlan Santos (Braga ke Valencia, 4,75 juta euro), dan masih banyak lagi.

Sejak menangani klien pertamanya, Nuno, di sebuah klub malam di Portugal pada tahun 1995 silam, Mendes diklaim sudah menegosiasikan kontrak dalam jumlah yang luar biasa besar. Sportingintelligence menyebut angkanya mencapai 1,068 miliar poundsterling, atau sekitar Rp 22.852.000.000.000 (22 triliun rupiah).

Mendes juga diketahui punya hubungan sangat baik dengan beberapa klub di Eropa, yang pada akhirnya bisa memengaruhi kebijakan transfer klub tersebut. Dua klub yang paling sering melibatkan transaksi dengan klien-klien Mendes adalah AS Monaco dan Valencia. Pengaruh yang juga besar pernah dia punya terhadap Dinamo Moscow, di mana pada tahun 2004 dia 'mengirim' 10 pemain Portugal ke klub tersebut. Termasuk di antaranya adalah Costinha, Derlei dan Maniche.

Di Portugal, Mendes sangat sering berbisnis dengan Benfica dan Porto, sementara di Spanyol dia kerap terlibat jual-beli pemain dengan Real Madrid, Atletico, Valencia dan Deportivo La Coruna. Sementara di Inggris ada Chelsea dan Manchester United. Klub lain yang dekat dengan Medes dan sering membeli pemain-pemain di bawah agensinya adalah Monaco, Besiktas dan Zenit.

Sosoknya yang flamboyan dan pergaulan di papan atas sepakbola Eropa membuat dia punya banyak teman dengan nama besar. Saat melangsungkan pernikahan bulan lalu, Florentino Perez dan Roman Abramovich termasuk nama yang berada di daftar tamu.

(Baca Juga: Menikah, Jorge Mendes Dapat Hadiah Pulau dari Ronaldo)

Transfer-transfer terbesar Mendes


 Pemain Transfer Nilai Transfer
Cristiano RonaldoManchester United ke Real Madrid 80 juta poundsterling
James RodriguezAS Monaco ke Real Madrid 71 juta poundsterling
Angel Di MariaReal Madrid ke Manchester United 59,7 juta poundsterling
Radamel FalcaoAtletico Madrid ke AS Monaco 52,8 juta poundsterling
Sergio AgueroAtletico Madrid ke Manchester City38 juta poundsterling 



'Starting XI' Jorge Mendes






(din/roz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed