Kaleidoskop Sepakbola 2015 (Desember)

Mourinho Dipecat (Lagi), Arsenal Juara Paruh Musim

Mercy Raya - Sepakbola
Kamis, 31 Des 2015 19:37 WIB
Clive Mason/Getty Images
Jakarta - Desember menjadi bulan yang pahit untuk Jose Mourinho. Tujuh bulan setelah pria Portugal itu membawa The Blues menjuarai Premier League, Chelsea FC mengumumkan pemecatannya kepada pria yang dijuluki ‘The Special One’ itu.

Ia dipecat karena gagal mengangkat perfoma Chelsea musim ini. Dari 16 pertandingan pertama Premier League, The Blues hanya mampu meraih empat kemenangan sisanya tiga raih hasil imbang dan lainnya sembilan kali kalah. Kekalahan atas Leicester City (1-2) membuat klub tersebut hanya terpaut satu angka dari zona degradasi.

Pemecatan Mou merupakan kali kedua, setelah pada 20 September 2007, manajer berusia 52 tahun juga pernah dipecat dan kembali direkrut pada musim panas 2013. Semusim kemudian (2014/2015) dia berhasil mengantarkan Chelsea ke tangga juara Liga Inggris.

Tak berselang lama, Chelsea mengumumkan bahwa Guus Hiddink akan menjadi manajer Chelsea yang baru hingga akhir musim. Berposisi sebagai carateker Chelsea, Hiddink diharapkan bisa mengembalikan Chelsea di papan atas.

Beralih ke Liga Spanyol, Valencia secara resmi telah mengumumkan penunjukan Gary Neville sebagai pelatih baru mereka. Eks bek tim nasional Inggris dan Manchester United itu akan menangani ‘Kelelawar Mestalla’ sampai akhir musim ini. Ia juga dibantu, adiknya Phil Neville, yang lebih dulu di klub tersebut sejak Juli.

Di liga Jerman, nama Robert Lewandowski tercatat di buku rekor dunia atau Guinness Book of Records, karena lima golnya ke gawang VfL Wolfsburg. Yang menjadi istimewa adalah kelima gol yang ia cetak hanya dalam tempo sembilan menit di babak kedua. Dan sekaligus membantu Bayerm menang 5-1 atas Wolfsburg.

Tak hanya itu, Lewandowski juga mencatat rekor lainnya sebagai pemain yang mencetak hat-trick tercepat (3 menit 22 detik). Pencetak gol tercepat (5 menit 42 detik), pencetak lima gol tercepat (8 menit 59 detik), dan pemain pengganti dengan jumlah gol terbanyak di Bundesliga (5 gol).

Dari bola dunia, empat negara yaitu Jepang, Bangladesh, Brunei Darussalam, dan Vietnam, mendapat penghargaan dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), sebagai bentuk pengakuan atas administrasi dan tata kelola yang professional, serta kontribusi yang luar biasa dalam pengembangan dan promosi sepakbola di negara masing-masing.

Sementara itu, Damien Duff memutuskan pensiun sebagai pemain sepakbola. Duff gantung sepatu di usia 36 tahun. Mantan pemain Blackburn Rovers, Chelsea, Newscastle United, dan Fulham ini menyatakan mundur setelah tubuhnya tak lagi bisa mendukung perfomanya.

Di bagian lain, Barcelona mengukuhkan diri sebagai klub terbaik di dunia tahun ini. El Barca sukses meraih tropi Piala Dunia Antarklub usai menundukan River Plate 3-0 di Stadion International Yokohama, Yokohama, Minggu (20/12).

Beralih ke liga dalam negeri, Indonesia kembali dikejutkan berita kerusuhan suporter yang sampai menelan korban jiwa. Suporter yang meninggal bernama Eko Prasetiyo (28) setelah bus yag ditumpanginya bersama rombongan Aremania dilempari di jalan menuju Sleman. Sementara satu korban jiwa lainnya, merupakan supir bus yang membawa Aremania. Ia meninggal saat perjalanan menuju rumah sakit. Mereka hendak menyaksikan laga antara Arema dan Surabaya United di babak 8 besar Indonesian Championship Torabika Piala Jenderal Sudirman 2015 di Stadion Maguwoharjo.

(mcy/din)