sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 01 Jun 2016 18:10 WIB

Singa-singa Muda Harapan Inggris

Doni Wahyudi - detikSport
Foto: Ben Hoskins/Getty Images
Jakarta - Inggris tampil meyakinkan di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Seberapa jauh mereka melangkah di putaran final akan ditentukan oleh penggawa muda The Three Lions.

Tanpa cela. Itulah rekor Inggris di babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Menjalani 10 pertandingan di Grup E, Wayne Rooney dkk mengumpulkan 10 kemenangan. Ada 31 gol dilesakkan dalam kurun tersebut, sementara di periode yang sama gawang mereka cuma kebobolan tiga kali.

Dengan statistik seperti itu Inggris menatap Piala Eropa 2016 dengan keyakinan dan antusiasme tinggi. Harapan untuk didapatnya prestasi tinggi tersebut kini disandarkan pada skuat yang diisi pemain belia.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh transfermarkt, Inggris adalah kontestasn Piala Eropa 2016 dengan rata-rata usia pemain paling muda, yakni 25,8 tahun.

Anggota termuda 'Skuat Tiga Singa' adalah Marcus Rashford, yang saat ini bahkan belum genap berusia 18 tahun. Lalu ada Dele Alli (21 tahun), Raheem Sterling (21 tahun) serta, Harry Kane, Ross Barkley, Eric Dier, dan John Stones yang seluruhnya berumur 22 tahun.

Penggawa tertua di Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2016 berusia 30 tahun. Tercatat ada beberapa nama yang sudah masuk 'kepala tiga' yakni Wayne Rooney, James Milner, Gary Cahill, dan kiper Tom Heaton.

Dailymail menyebut kalau skuat Inggris di Piala Eropa tahun ini merupakan salah satu yang paling muda yang pernah diturunkan pada turnamen mayor. Cuma pada Piala Dunia 1958 Inggris pernah punya rata-rata usia pemain lebih rendah.

Rashford tentu saja menjadi sensasi di skuat Inggris. Dia masuk skuat untuk dibawa ke Piala Eropa setelah menjalani musim yang fantastis bersama Manchester United. Di 2015/2016 yang baru saja tuntas, murid SMA itu mendapatkan debutnya di skuat utama The Red Devils, plus mencetak gol di laga perdana (Liga Europa dan Premier League). Rashford juga menandai laga pertamanya bersama Timnas Inggris dengan sebuah gol pada laga ujicoba menghadapi Australia.

Dengan kini berusia 18 tahun dan 214 hari (per Rabu 1/6/2016), Rashford menjadi pesepakbola termuda di Piala Eropa 2016. Pemain termuda berikutnya adalah pesepakbola Portugal, Renato Sanches, yang dua bulan lebih tua.

Inggris juga menjadi negara kontestan Piala Eropa dengan jumlah pemain U-23 paling banyak (7). Sementara tim lain tidak memiliki pemain U-23 lebih dari lima. (din/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com