sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 07 Sep 2016 08:33 WIB

Kualifikasi Piala Dunia 2018

Gol Otamendi Selamatkan Argentina dari Kekalahan

Rossi Finza Noor - detikSport
Foto: Reuters/Marco Bello
Merida - Nicolas Otamendi menyelamatkan Argentina ketika bertanding melawan Venezuela. Lewat gol Otamendi, Argentina membuat pertandingan berakhir sama kuat: 2-2.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Metropolitano de Merida, Merida, Rabu (7/9/2016) pagi WIB, Venezuela sempat unggul dua gol lebih dulu, sebelum akhirnya Argentina mengejar defisit gol itu. Argentina sendiri tampil tanpa bintang utamanya, Lionel Messi, yang sedang cedera.

Dengan hasil ini, Argentina turun ke posisi kedua dengan koleksi nilai 15. Sementara, Venezuela berada di urutan ke-10 alias paling bawah dengan koleksi nilai 2.

Venezuela boleh kalah dalam penguasaan bola, 31:69, tetapi mereka tampil efektif, di mana 3 attempts on target (dari 10 attempts) berhasil menghasilkan 2 gol. Argentina sendiri melepaskan 15 attempts dengan cuma 6 di antaranya mengarah tepat sasaran.

Argentina punya sejumlah peluang di babak pertama, tetapi beberapa kali pula penyelesaian akhir mereka melebar dari sasaran dan dihentikan penjaga gawang Venezuela, Daniel Hernandez.

Salah satu peluang Argentina, lewat sundulan Lucas Pratto pada menit ke-32, gagal membuahkan gol lantaran diamankan oleh Hernandez. Tiga menit kemudian, Venezuela membobol gawang Argentina.

Gol tersebut terbilang indah. Juanpi, pencetak golnya, berhasil mempertahankan bola di sisi kiri pertahanan Argentina kendati pun dikelilingi oleh para pemain 'Tim Tango'. Ia lantas melepaskan sepakan kaki kiri dan bola mengarah ke sudut atas gawang Argentina.

Angel Di Maria mendapatkan kans tidak lama setelah gol tersebut. Namun, tendangan gelandang milik Paris Saint-Germain itu masih melambung di atas mistar gawang.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-53, Josef Martinez membawa Venezuela menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Gol tersebut diawali usaha Salomon Rondon yang melakukan tusukan dari kiri. Ia lantas memberikan operan datar kepada Martinez dan Martinez pun menyelesaikannya dengan sepakan kaki kanan.

Tetapi, skor 2-0 itu hanya bertahan lima menit. Pada menit ke-58, Pratto memperkecil skor lewat tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti. Gol tersebut tercipta setelah Pratto berhasil memenangi duel perebutan bola dengan dua pemain Venezuela di dalam kotak penalti.

Kendati pun mendominasi, Argentina justru kesulitan untuk mendapatkan peluang bersih setelahnya. Pada menit ke-84, Ever Banega melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi tendangannya melenceng.

Baru pada menit ke-83, Argentina bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari sebuah tendangan penjuru, bola langsung disambar oleh Nicolas Otamendi tepat di depan gawang Venezuela. Keunggulan dan kemenangan Venezuela yang sudah berada di depan mata pun buyar.

Susunan Pemain

Venezuela: Hernandez, Vizcarrondo, Velazquez, Villanueva, Gonzalez (V. Hernandez 71), Flores, Rincon, Penaranda, Juanpi, Martinez (Kouffaty 78, Del Valle 81), Rondon.

Argentina: Romero, Funes Mori, Otamendi, Zabaleta, Rojo (Gaitan 83), Mascherano, Biglia (Alario 71), Banega, Pratto, Di Maria, Lamela (Correa 67).

(roz/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com