ADVERTISEMENT

Kualifikasi Piala Dunia 2018

Nuansa Politis dan Historis dari Kemenangan Meksiko atas AS

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 12 Nov 2016 19:29 WIB
Foto: Joe Maiorana-USA TODAY Sports
Ohio - Kubu Meksiko gembira menang bisa mengalahkan Amerika Serikat dalam partai kualifikasi Piala Dunia 2018, dengan nuansa politis dan historis membayangi.

Meksiko menang 2-1 ketika dijamu AS di Mapfre Stadium, Columbus, Ohio, Sabtu (12/11/2016) pagi WIB. Gol Miguel Layun untuk Meksiko dibalas Bobby Wood buat AS, sebelum Rafael Marquez memastikan kemenangan buat tim tamu.

[Baca juga: Gol Menit-Menit Akhir Menangkan Meksiko atas AS]

Kemenangan ini lahir di tengah-tengah memanasnya situasi politik antara kedua negara, terkait dengan terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS ke-45. Dalam beberapa kesempatan kampanyenya, kandidat Republiken itu beberapa kali melemparkan sentimen negatif terhadap Meksiko, yang secara geografis berbatasan langsung dengan AS, secara khusus mengenai isu imigran.

"Mungkin sekarang masa-masa sulit. Saya tak tahu persis soal masa-masa sulit, tapi tepatnya masa-masa intoleransi. Tapi sekarang dengan kemenangan ini (orang-orang Meksiko) bisa sedikit melupakan apa yang terjadi di AS sini," kataa Marquez di Soccerway.

Secara historis hasil tersebut sekaligus mengakhiri rentetan kekalahan Meksiko saat tampil di kandang AS dalam sebuah partai kualifikasi Piala Dunia, dengan siklus buruk itu sudah berjalan sejak 1972.

[Baca juga: Meksiko Akhiri Catatan Buruk Berumur 44 Tahun di Kandang AS]

"Seperti yang sudah dikatakan salah satu asisten kami, kami takkan berusaha mengubah sejarah karena mustahil melakukannya, tapi kami akan berusaha mengukir sejarah kami sendiri," ujar pelatih Meksiko Juan Carlos Osorio.

"Dalam pertandingan ini kami sudah memperlihatkan bahwa kami memiliki ketangguhan mental untuk tampil di mana saja, tim mampu menangani kemajemukan, mampu menang di menit-menit akhir seperti banyak timnas-timnas bagus di level internasional," sebutnya.

Marquez juga menambahkan, "Ini adalah kesempatan terbaik mengubah sejarah. Itulah yang kami pikirkan dalam dua hari terakhir. Seringkali kami tidak oke di sini dan sekarang kami amat gembira. Kemenangan ini penting sekali buat kami".

(krs/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT