Piala Afrika

Ghana Kalahkan Uganda, Mesir Diimbangi Mali

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 18 Jan 2017 04:11 WIB
Foto: Justin TALLIS / AFP
Port-Gentil - Ghana memuncaki sementara klasemen Grup D Piala Afrika 2017 usai menang tipis atas Uganda. Sementara Mesir ditahan imbang Mali 0-0.

Ghana memetik kemenangan tipis 1-0 atas Uganda pada laga pertama Grup D di Stade de Port-Gentil, Selasa (17/1/2017) malam WIB. Gol tunggal kemenangan Ghana dicetak dari titik penalti oleh Andre Ayew pada menit ke-32.

Secara permainan Ghana lebih menguasai babak pertama, sementara Uganda mencoba merespons dengan menekan di babak kedua namun gagal mendapatkan gol penyama skor. Ghana tercatat melepaskan 10 percobaan dengan separuhnya tepat sasaran, sedang Uganda punya 12 upaya dan empat di antaranya tepat target seperti dicatat ESPN.

Kedudukan tersebut tak berubah sampai laga selesai. Ghana pun meraih angka penuh dan naik ke posisi teratas dengan tiga poin.

Posisi Ghana terkonfirmasi setelah di laga lainnya, Mesir cuma bermain imbang 0-0 kontra Mali di tempat yang sama, Rabu (18/1/2017) dinihari WIB. Mesir yang merupakan pemegang gelar Piala Afrika terbanyak, cukup kerepotan dan relatif tak banyak mengancam gawang Mali secara langsung.

Mencatatkan penguasaan bola sebesar 54%, Mesir melepaskan tujuh upaya dengan tiga yang mengarah ke gawang. Sementara Mali punya 13 upaya di mana cuma dua yang tepat target.

Hasil imbang membuat Mesir menempati posisi dua diikuti Mali di tangga ketiga, sama-sama mengemas satu poin. Ini sekaligus melanjutkan tren, di mana hasil seri sudah mewarnai tiap-tiap grup di turnamen kali ini. (raw/mfi)