Piala Afrika

Tundukkan Ghana, Mesir Lolos sebagai Juara Grup

Meylan Fredy Ismawan - Sepakbola
Kamis, 26 Jan 2017 04:53 WIB
Foto: AFP/Justin Tallis
Port-Gentil - Mesir lolos ke babak perempatfinal Piala Afrika 2017 sebagai juara grup. Mohamed Salah dan kawan-kawan menundukkan Ghana 1-0 pada partai terakhir babak penyisihan grup.

Salah menjadi penentu kemenangan Mesir atas Ghana pada pertandingan di Stade de Port-Gentil, Port-Gentil, Kamis (26/1/2017) dinihari WIB. Pemain sayap AS Roma itu mencetak satu-satunya gol The Pharaohs.

Gol Salah tercipta melalui tendangan bebas pada menit ke-11. Tembakan kaki kirinya meluncur deras ke pojok gawang, sementara kiper Ghana Brimah Razak tak bergerak dari posisinya.

Berkat kemenangan ini, Mesir mengambil alih posisi teratas klasemen Grup D dari tangan Ghana. Mereka mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan, unggul satu poin atas Ghana yang berada di posisi kedua.

Di babak perempatfinal, Mesir akan menghadapi runner-up Grup C, Maroko. Sementara Ghana akan melawan juara Grup C, Republik Demokratik Kongo.

Pada pertandingan lain di Grup D, Uganda bermain imbang 1-1 dengan Mali. Uganda unggul lebih dulu lewat gol Farouk Miya pada menit ke-70, yang dibalas oleh Mali melalui Yves Bissouma empat menit kemudian.
Tundukkan Ghana, Mesir Lolos sebagai Juara GrupFoto: AFP/ISSOUF SANOGO

Hasil imbang itu tak terlalu berpengaruh karena kedua tim tetap tersingkir. Mali finis di posisi ketiga dengan dua poin, sedangkan Uganda menjadi juru kunci dengan satu poin.


(mfi/raw)