Sengketa Live Streaming Bikin Laga Derby di Brasil Batal Kick-off

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 21 Feb 2017 15:03 WIB
Foto: Youtube
Curitiba - Derby Curitiba antara Atletico Paranaense versus Coritiba batal kick-off. Pertandingan itu urung dihelat sesuai jadwal karena sengketa terkait live streaming.

Pertandingan tersebut mestinya dilangsungkan pada akhir pekan. Sampai saat-saat terakhir, laga tersebut bahkan tampak akan dilangsungkan seperti jadwal.

Sekitar 20 ribu suporter disebut sudah memadati Arena da Baixada yang mestinya kick-off pada pukul 17.00 waktu setempat. Para pemain pun ketika itu telah bersiap-siap seperti biasa.

Sengketa <I>Live Streaming</I> Bikin Laga <I>Derby</I> di Brasil Batal <I>Kick-off</I>Foto: Youtube

Akan tetapi, pertandingan tidak kunjung dimulai setelah 40 menit lewat dari jadwal. Pada prosesnya laga itu bahkan batal dimainkan.

Usut punya usut, Independent.co.uk menyebut bahwa Atletico dan Coritiba berencana menyiarkan pertandingan itu secara live streaming via Youtube dan Facebook Live. Di awal musim kompetisi ini kedua tim dinyatakan menolak tawaran hak siar melalui Federação Paranaense de Futebol (FPF) sehingga berencana menyiarkannya secara gratis.

Pun begitu, wasit Paulo Roberto Alves Júnior yang memimpin pertandingan menolak untuk memulai pertandingan. Diduga bertindak atas instruksi FPF, ia menilai pihak-pihak di stadion yang akan menyiarkan pertandingan tak mendapat akreditasi layak dari federasi.

"Wasit bilang ke mereka, 'Begini, di sini penuh orang-orang tanpa akreditasi. Saya tak bisa memulai pertandingan seperti ini'," kata Presiden FPF Helio Cury menirukan ucapan wasit ketika itu.

Sengketa <I>Live Streaming</I> Bikin Laga <I>Derby</I> di Brasil Batal <I>Kick-off</I>Foto: Youtube

"Mereka memanggil polisi masuk. (Jurnalis klub) Menolak pergi. Tak mungkin pertandingan bisa dimulai dengan lapangan dipenuhi orang sebanyak itu, yang juga berada tidak pada tempatnya," imbuhnya.

Pada saat diskusi berlangsung, para pemain dari kedua kesebelasan kembali ke ruang ganti sebelum akhirnya muncul bersama-sama dengan bergandengan tangan untuk mengapresiasi suporter di stadion setelah pertandingan itu terkonfirmasi batal dilangsungkan karena kedua klub bersikeras ingin melakukan live streaming.

Sengketa <I>Live Streaming</I> Bikin Laga <I>Derby</I> di Brasil Batal <I>Kick-off</I>Foto: Youtube

Kubu Atletico dan Coritiba sendiri terus menegaskan kekompakannya di luar lapangan seputar pembatalan pertandingan tersebut. Simak saja komentar kedua presiden klub tersebut.

"Terkadang peraturannya tidak etis. Atletico dan Coritiba bersama-sama sudah memulai proses sunyi dalam mengatakan tidak. Kami punya hak untuk bilang tidak. Ini sebuah pesan buat presiden (klub) lain: ikuti contoh kami," kata Presiden Atletico Luiz Sallim Emed.

"Ini amat memalukan. Saya memberontak dari FPF," kata Presiden Coritiba Rodrigo Bacellar.

(krs/din)