DetikSepakbola
Selasa 16 Mei 2017, 07:15 WIB

Messi dan Henry pun Pernah Cetak Gol Serupa Nacho

Lucas Aditya - detikSport
Messi dan Henry pun Pernah Cetak Gol Serupa Nacho Thierry Henry saat mencetak gol tendangan bebas kontroversial di laga Arsenal melawan Chelsea. (Foto: Ben Radford/Getty Images)
Jakarta - Gol pemain Real Madrid, Nacho Fernandez, ke gawang Sevilla, memicu kontroversi. Lionel Messi dan Thierry Henry pernah mencetak gol dengan cara serupa.

Madrid memetik kemenangan 4-1 atas Sevilla dalam lanjutan Liga Spanyol, Senin (15/5/2017) dini hari WIB. Nacho menjadi pencetak gol pertama tim asal ibukota Spanyol itu.

Saat terjadi pelanggaran pada Alvaro Morata di muka kotak penalti Sevilla, Nacho berlari belakang untuk menendang bola langsung masuk ke gawang. Gol itu disahkan wasit. Para pemain Sevilla melakukan protes karena masih belum siap untuk menghadapi situasi set piece.

Jauh sebelum Nacho, Henry sudah pernah melakukannya di tahun 2004. Gol itu terjadi saat Arsenal berduel melawan Chelsea. Henry mengeksekusi tendangan saat Petr Cech masih sibuk mengatur pagar hidup. Pertandingan yang berlangsung di Highbury itu selesai dengan skor akhir imbang 2-2.



Winger Manchester United, Ryan Giggs, juga pernah melakukan hal yang sama saat melakoni laga lanjutan Liga Champions di markas Lille pada tahun 2007.

Gol tendangan bebas itu menjadi penentu kemenangan MU dengan skor akhir 1-0. Wayne Rooney menaruh bola di muka kotak penalti Lille, Giggs dengan cekatan menyambar bola, mengarahkannya masuk ke gawang.

Dengan gol itu, MU mampu lolos ke babak perempatfinal kompetisi kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa dengan agregrat 2-0.



Messi menjadi penentu kemenangan Barcelona saat melakukan lawatan ke markas Atletico Madrid pada tahun 2012. Dalam pertandingan yang berakhir 2-1 untuk Los Cules, gol La Pulga mendapat protes dari para pemain Los Colchoneros.

Messi dan Xavi bersiap untuk menendang bola mati di sisi kanan pertahanan Atletico. Messi menendangnya dengan cepat menggunakan kaki kiri untuk mengecoh Thibaut Courtois yang masih sibuk mengatur pagar hidup.



Tim nasional Indonesia juga pernah merasakan hal yang sama di Piala AFF 2014 saat melawan Filipina. Buruknya koordinasi antara Kurnia Meiga dengan pemain belakang Indonesia, di dalam kotak penalti berbuah tendangan bebas karena dinilai melakukan backpass.

Saat para pemain Indonesia sibuk melakukan protes, Phil Younghusband dengan cepat memberi umpan pendek pada Martin Steuble. Steuble bisa menceploskan bola dengan gampang untuk membuahkan gol ketiga bagi Filipina.

Dalam laga itu, Indonesia kalah 0-4. Skor itu merupakan kekalahan terbesar tim 'Merah-Putih' di sepanjang pertemuan dengan The Azkals.






(cas/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed