Saul Top Skorer Piala Eropa U-21, Dani Ceballos Pemain Terbaik

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Sabtu, 01 Jul 2017 08:04 WIB
Foto: Getty Images Sport/Nils Petter Nilsson/Ombrello
Krakow - Tim nasional Spanyol U-21 harus puas finis sebagai runner-up di Piala Eropa U-21. Tapi setidaknya mereka punya dua pemain yang merebut gelar individu.

Spanyol takluk dengan skor tipis 0-1 pada partai final melawan Jerman di Stadion Cracovia, Sabtu (1/7/2017) dinihari WIB. Gol tunggal kemenangan Jerman dicetak oleh Mitchell Weiser di menit ke-40.

[Baca juga: Jerman Juara Piala Eropa U-21]

Hasil ini membuat Spanyol gagal menyusul Italia sebagai pemenang terbanyak turnamen. Spanyol saat ini empat kali juara, sementara Italia satu kali lebih banyak.

Meski demikian, Spanyol setidaknya mendapatkan hiburan dengan mengunci dua gelar individu, yakni di kategori pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik turnamen.

Saul Niguez menjadi top skorer dengan torehan lima gol dari empat pertandingan. Meski gagal menambah gol di laga final, jumlah gol Saul tak terkejar oleh Marco Asensio dan Bruma yang jadi pesaing terdekat dengan tiga gol.

Saul mencetak masing-masing satu gol saat melawan Makedonia dan Portugal di fase grup, lalu memborong tiga gol saat menghadapi Italia di semifinal.

Sementara itu, Dani Ceballos menjadi pemain terbaik turnamen. Ceballos memang cuma bikin satu assist dan tak mencetak gol di empat penampilan, tapi AS menyebut pemain Real Betis itu menunjukkan kualitas dan kontrol permainan cemerlang. (raw/cas)