DetikSepakbola
Selasa 05 September 2017, 15:02 WIB

Meski Ditinggal Banyak Bintang, Monaco Yakin Tetap Kompetitif

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Meski Ditinggal Banyak Bintang, Monaco Yakin Tetap Kompetitif AS Monaco banyak ditinggal pemain bintangnya musim panas ini (Eric Gaillard/Reuters)
Monako - AS Monaco harus rela kehilangan sejumlah bintangnya musim panas ini. Meski demikian, Monaco optimistis tetap kompetitif dan bersaing dengan Paris St-Germain.

Monaco di bawah Leonardo Jardim musim lalu tampil begitu luar biasa dengan menjuarai Ligue 1, mengangkangi PSG yang selamae empat tahun terakhir selalu berkuasa lewat duit berlimpah asal Qatar.

Tak cuma di kompetisi domestik, Monaco juga mengejutkan di Liga Champions dengan lolos sampai semifinal sebelum disingkirkan Juventus. Monaco juga jadi tim terproduktif di Eropa dengan lebih dari 100 gol di liga.

Performa hebat Monaco itu tak lepas dari peran para pemain penting di setiap lini seperti Benjamin Mendy di posisi bek kiri, Bernardo Silva dan Tiemoeu Bakayoko di lini tengah serta Kylian Mbappe di lini depan.

Maka wajar jika banyak klub besar tertarik kepada mereka dan akhirnya Monaco tak mampu menahan lagi. Keempat pemain itu pun harus pergi plus juga beberapa pemain lain seperti Valerie Germain yang jadi pelapis di lini depan.

Kehilangan banyak pemain penting ini termasuk terakhir Mbappe ke PSG yang merupakan rival tentu merugikan Monaco. Mesi demikian, Monaco tak mau meratapi itu dan justru termotivasi untuk tampil mengejutkan lagi musim ini.

"Semua mata tertuju pada kami. Beberapa pemain top pergi memang, meski beberapa pemain baru juga gabung," ujar pemain Monaco, Rony Lopes, seperti dikutip Omnisport.

"Terlepas dari itu, yang terpenting tetap ada di sini: struktur, staf, budaya, masih sama seperti musim lalu. Semua orang yang mencintai sepakbola tentu menikmati cara Monaco bermain. Kami bermain sangat ofensif, tapi jika Anda melihat secara seksama, kami juga mahir bertahan. Kekuatan utama kami adalah bermain sebagai tim dan pelatih kami sangat penting menentukan pola permainan," sambung pemain yang dipinjamkan ke Lille musim lalu itu.

"Untuk mereka yang meragukan kami bisa mengulangi pencapaian musim lalu, kami hanya bisa melakukan satu hal: membungkam mereka dengan kemenangan."

Meski ditinggal banyak pemain kunci musim lalu, Monaco berhasil mempertahankan Radamel Falcao, Fabinho, Joao Moutinho, dan Thomas Lemar. Musim ini Monaco masih meraih hasil sempurna selepas empat pekan Ligue 1 berlalu dan menempel ketat PSG di posisi kedua.




(mrp/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed