DetikSepakbola
Jumat 06 Oktober 2017, 04:07 WIB

Kualifikasi Piala Dunia 2018

Gol Kane di Injury Time Loloskan Inggris ke Putaran Final

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Gol Kane di Injury Time Loloskan Inggris ke Putaran Final Gol tunggal Harry Kane loloskan Inggris ke Piala Dunia 2018 (Dylan Martinez/Reuters)
London - Harry Kane jadi pahlawan kemenangan Inggris atas Slovenia berkat gol semata wayangnya di masa injury time. The Three Lions lolos ke Piala Dunia tahun depan.

Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup F di Wembley, Jumat (6/10/2017) dinihari WIB, Inggris yang tampil full team mendominasi dengan 65 persen ball possesion serta total 14 attempts, dengan delapan on goal.

[Gambas:Video 20detik]


Sementara Slovenia dipaksa bertahan dengan hanya membuat empat attempts, dua mengarah ke gawang. Ketangguhan Jan Oblak di bawah mistar Slovenia membuat peluang Inggris terbuang sia-sia.

Laga tampaknya akan berakhir imbang sampai Kane mampu menjebol jala Oblak di menit ke-94! Itu jadi satu-satunya gol di laga ini dan dengan kemenangan 1-0 ini, Inggris berhak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Berstatus juara grup, Inggris dengan 23 poin tak mampu lagi dikejar Skotlandia dengan 17 poin di satu pertandingan sisa. Sementara itu, Slovenia di posisi keempat dengan 14 poin.

Baik Slovenia, Slovakia, dan Skotlandia cuma dipisahkan tiga poin untuk berebut jatah play-off di laga terakhir.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit wasit berbunyi, Inggris langsung menekan pertahanan Slovenia. Memaksimalkan dua pemain sayapnya, Alex Oxlade-Chamberlain dan Marcus Rashford, Inggris membombardir dengan crossing di mana Kane jadi target man di kotak penalti.

Gol Kane di Injury Time Loloskan Inggris ke Putaran FinalFoto: Darren Staples/Reuters

Tapi, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat banyak peluang terbuang selain juga karena ketangguhan Oblak di bawah mistar. Di menit ke-25, Oblak menepis sepakan bebas Jordan Henderson dari jarak dekat.

Gol Kane di Injury Time Loloskan Inggris ke Putaran FinalFoto: Carl Recine/Reuters
Sementara Slovenia berusaha menyerang lewat counter attack. Beberapa kali nyaris membahayakan gawang Inggris yang dikawal Joe Hart.

Di masa injury time babak pertama, Rasfhord melepaskan sepakan melengkung ke tiang dekat tapi Oblak bisa menepisnya.

Hingga turun minum, skor 0-0 tetap bertahan.

Masuk di babak kedua, Inggris masih menekan dan Rashford punya peluang mencetak gol pada menit ke-63. Tinggal berhadapan dengan Oblak, Rashford mencungkil bola namun ada pemain Slovenia menghalaunya tepat di muka gawang.

Gol Kane di Injury Time Loloskan Inggris ke Putaran FinalFoto: Darren Staples/Reuters
Dua menit kemudian Bojan Cesar menjatuhkan diri untuk mengadang sepakan Sterling dari jarak dekat.

Inggris yang nyaris frustrasi karena tak bisa mencetak gol akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit ke-94. Kyle Walker yang menyisir sisi kanan melepas crossing ke kotak penalti dan Kane dengan cepat mendahului bek-bek Slovenia untuk menyontek bola ke jala Oblak.

Gol Kane di Injury Time Loloskan Inggris ke Putaran FinalFoto: Carl Recine/Reuters

Stadion pun bergemuruh menyambut gol Kane yang bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Inggris: Hart; Walker, Stones, Cahill, Bertrand; Henderson, Dier; Oxlade-Chamberlain (Lingard 64'), Sterling (Keane 85'), Rashford; Kane.

Slovenia: Oblak; Struna, Mevlja, Cesar, Jokic; Rotman (Matavz 79'), Krhin; Bezjak (Repas 72'), Ilicic, Verbic; Sporar (Birsa 55').



(mrp/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed