DetikSepakbola
Rabu 11 Oktober 2017, 13:27 WIB

Infografis

Islandia Saja Bisa ke Piala Dunia, Indonesia Kapan?

Zaky Alfaraby - detikSport
Islandia Saja Bisa ke Piala Dunia, Indonesia Kapan? Islandia dibandingkan dengan Indonesia dalam hal sepakbola (Infografis Detiksport)
Jakarta - Dengan jumlah penduduk tak lebih dari 350 ribu jiwa, Islandia bisa mampu lolos ke Piala Dunia. Lalu, Indonesia kapan?

Islandia memastikan tampil di babak utama Piala Dunia di Rusia tahun depan berkat keberhasilan mengalahkan Kosovo 2-0 di Laugardalsvollur, Reykjavik, Selasa (10/10/2017) dini hari WIB.

Dicatat BBC, Islandia menjadi satu-satunya negara dengan populasi di bawah 1 juta jiwa yang bisa lolos ke Piala Dunia. Islandia pun menjadi negara terkecil yang tampil di pesta sepakbola terakbar itu.

Mau tahu berapa jumlah penduduknya? Islandia hanya punya tak lebih dari 350 ribu penduduk. Tapi dari jumlah yang sedikit itu, Islandia terhitung mempunyai banyak pesepakbola profesional maupun non-profesional sekitar 22.500 orang. Bahkan ada 664 pelatih berlisensi, dengan 13 di antaranya lisensi pro UEFA.

Maka wajar bakal ada selalu ada perbandingan dengan Indonesia, negara gila sepakbola yang susahnya minta ampun untuk tampil di Piala Dunia. Padahal negara ini punya sekitar 250 juta penduduk, namun masalah klasik selalu ada "Kok susah ya mencari 11 pemain terbaik?".

Bagaimana tidak ketika hanya ada 68 ribu masyarakatnya yang jadi pesepakbola baik itu level profesional maupun amatir. Sementara dari sektor pelatih sangat tidak mumpuni, yakni hanya sekitar 200 pelatih berlisensi.

Jadi, kapan mimpi Indonesia ke Piala Dunia bisa terwujud?

Islandia Saja Bisa ke Piala Dunia, Indonesia Kapan?Foto: Infografis Detiksport



(mrp/cas)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed