DetikSepakbola
Rabu 11 Oktober 2017, 17:31 WIB

Karier Robben di Timnas Belanda dalam Angka

Kris Fathoni W - detikSport
Karier Robben di Timnas Belanda dalam Angka Arjen Robben (Foto: Toussaint Kluiters/Reuters)
Jakarta - Arjen Robben sudah mengakhiri karier bermainnya di tim nasional Belanda. Berikut rangkuman kariernya di timnas Belanda dalam angka.

Setelah 14 tahun, Robben gantung sepatu di level internasional. Ia melakukannya setelah membawa Belanda menang 2-0 atas Swedia di fase kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB.


Hasil tersebut membuat Belanda tak kuasa melangkah ke babak utama Piala Dunia di Rusia tahun depan. Seiring dengan hal tersebut, berakhir pula karier Robben di timnas.

Berikut karier Robben dalam angka di timnas Belanda seperti dirangkum Soccerway:

- Robben lahir pada 23 Januari 1984 (tahun 33). Ia sudah membuat 96 penampilan buat Belanda.

- Robben merupakan topskorer keempat buat Belanda dengan 37 gol (setara dengan Dennis Bergkamp), di bawah Robin van Persie (50), Klaas-Jan Huntelaar (42), dan Patrick Kluivert (40).

- Semenjak debutnya pada 30 April 2003 (vs Portugal), Robben tampil dalam 51 persen seluruh pertandingan timnas Belanda (96 dari 187).

- Cuma Wesley Sneijder (33 dalam 132 laga) yang membuat assist lebih banyak ketimbang Robben (29) untuk Belanda, sejak debutnya pada April 2003.

- Robben mencetak gol atau membuat assist untuk Belanda dengan rata-rata satu setiap 112 menit (37 gol, 29 assist).

- Robben menjadi pemain pertama yang mencetak setidaknya dua gol dalam penampilan terakhirnya buat Belanda semenjak Piet de Boer pada 1937.

- Dengan dua gol lawan Swedia, Robben kini sudah menjebol gawang 26 timnas berbeda; cuma Robin van Persie (30) dan Klaas-Jan Huntelaar (27) yang punya lebih banyak.

- Robben melepas tembakan (tujuh) dan tembakan ke target (empat) lebih banyak dibandingkan pemain lain dalam pertandingan terakhirnya lawan Swedia.

Baca juga: Dag, Arjen!

- Cuma Johnny Rep (tujuh) yang mencetak gol Piala Dunia lebih banyak ketimbang Robben (enam, setara Bergkamp, Rob Rensenbrink, Van Persie, dan Sneijder) untuk Belanda.

- Robben (106) merupakan satu dari lima pemain dengan jumlah dribble minimal 100 di babak utama Piala Dunia sejak 1996, setara Lionel Messi, Diego Maradona, Jairzinho, dan Mario Kempes.

- Robben sudah dilanggar paling sering di Piala Dunia dibandingkan pemain lain semenjak edisi 2006 (47 kali). Robben adalah satu-satunya pemain yang punya tembakan ke target lebih dari satu di final Piala Dunia 2010 (dua).



(krs/rin)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed