DetikSepakbola
Selasa 14 November 2017, 14:10 WIB

De Bruyne Kritik Taktik Martinez di Belgia

Mohammad Resha Pratama - detikSport
De Bruyne Kritik Taktik Martinez di Belgia Timnas Belgia melawan Meksiko di laga persahabatan (Eric Vidal/Reuters)
Brussels - Kevin De Bruyne punya saran untuk pelatih timnas Belgia Roberto Martinez agar tim bisa tampil oke di Piala Dunia 2018. Apa kata De Bruyne?

Belgia jadi salah satu tim Eropa yang lolos lebih awal dari kualifikasi. Di akhir kualifikasi, Belgia mampu merebut sembilan kemenangan dan satu hasil seri.

Melihat kualitas pemain yang dimiliki Belgia saat ini sudah jelas mereka bisa memasang target tinggi di Piala Dunia besok. Mereka pun disebut-sebut sebagai salah satu favorit juara selain Jerman, Prancis, Brasil, Argentina, Spanyol, atau Portugal.

Tapi melihat performa terkini Belgia, De Bruyne tak mau pasang target muluk-muluk dulu. Hal itu dikatakan winger Manchester City itu beberapa hari setelah diimbang 3-3 oleh Meksiko pada laga friendly.

Pada laga itu, Martinez selaku pelatih memasang formasi 5-3-2 dengan Nacer Chadli serta Thomas Meunier sebagai wing-back. Sempat unggul duluan, Belgia lantas tertinggal 2-3 sebelum gol kedua Romelu Lukaku membuat laga tuntas dengan skor 3-3.

Belgia kalah penguasaan bola dari Meksiko yang unggul 58 persen meski punya total 11 attempts, empat di antaranya mengarah ke gawang. Maka dari itu De Bruyne pun menyarankan Martinez segera mencari pakem terbaik untuk memaksimalkan skuatnya saat ini.

"Meksiko lebih baik secara taktik. Sistem mereka membuat lima bek kami harus bertahan begitu dalam dan kami pun kalah orang di lini tengah - lima melawan tujuh," ujar De Bruyne kepada Het Laatste Niewus yang dilansir Sky Sports.

"Selama kami tidak punya sistem taktik yang bagus, kami akan kesulitan menghadapi negara-negara seperti Meksiko. Sayangnya kami belum menemukan solusinya," sambungnya.

"Tentu saja kami bermain dengan sistem yang sangat bertahan, tapi para pemain kami semuanya bertipe menyerang yang ingin terus menguasai bola."

"Maka Anda pun kesulitan menghadapi tim seperti Meksiko. Kami kalah penguasaan bola di laga itu dan para pemain tidak cocok dengan sistem itu."

"Tapi Martinez lah yang memutuskan. Saya rasa pelatih harus menemukan solusi sehingga kami tak mengalami situasi seperti itu ke depannya," tutupnya.

Belgia masih punya satu laga persahabatan kontra Jepang Selasa 14 November ini.



(mrp/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed