DetikSepakbola
Kamis 30 November 2017, 16:41 WIB

FIFA Respons Kecurigaan Terkait Drawing Piala Dunia 2018

Kris Fathoni W - detikSport
FIFA Respons Kecurigaan Terkait Drawing Piala Dunia 2018 Foto: Sergei Karpukhin/REUTERS
FOKUS BERITA: Drawing Piala Dunia 2018
Moskow - Drawing Piala Dunia 2018 dibayangi kecurigaan mengenai potensi kecurangan dengan menggunakan bola panas dan bola dingin. FIFA langsung menepis kecurigaan itu.

Pengundian akan dilakukan di Istana Kremlin, Rusia, Jumat (1/12/2017) besok. Ke-32 negara peserta dibagi ke dalam empat pot berdasarkan Peringkat Dunia FIFA per Oktober 2017. Mereka akan diundi ke dalam delapan grup yang masing-masing berisi empat tim.


Sehubungan dengan hal itu, muncul kecurigaan bahwa pengundian nanti akan dicurangi dengan menempatkan sejumlah tim ke grup-grup tertentu. Salah satu tujuannya adalah agar tim-tim top terbagi rata ke masing-masing grup.

"Hal itu sama sekali tidak benar," kata Direktur Kompetisi FIFA Chris Unger seperti dilansir Soccerway.

Secara lebih terperinci, manipulasi undian tersebut diduga bakal dilakukan dengan cara bola panas dan bola dingin. Mantan presiden FIFA Sepp Blatter mengklaim hal ini juga pernah dilakukan di pengundian-pengundian kompetisi top.


"Semua bola sama; rasanya tidak berbeda, juga tidak terlihat beda. Terkecuali bola merah yang memang ditaruh di sana untuk tujuan tertentu. Semuanya benar-benar acak dan grupnya nanti tersusun dengan serba kebetulan saja," ucapnya.

Kecurigaan ini juga muncul mengingat Rusia dianggap sebagai tim paling lemah di Pot 1, tim-tim dengan peringkat dunia terbaik, sehingga perlu pengundian yang "menguntungkan" agar tetap eksis melewati fase grup.



(krs/cas)
FOKUS BERITA: Drawing Piala Dunia 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed