DetikSepakbola
Kamis 07 Desember 2017, 13:49 WIB

Marca Sudah Sebut Ronaldo Pemenang Ballon d'Or 2017

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Marca Sudah Sebut Ronaldo Pemenang Ballon dOr 2017 Foto: Matthias Hangst/Getty Images
Paris - Malam penganugerahan Ballon d'Or baru akan digelar malam nanti. Tapi siapa pemenangnya sudah mulai bocor dan ramai disebut-sebut.

Pemenang Ballon d'Or 2017 akan diumumkan di Paris, Kamis (7/12/2017) malam WIB nanti. Sebelumnya daftar berisi 30 nominasi telah diumumkan jauh-jauh hari.


Meski demikian, perdebatan siapa yang pantas memenangi penghargaan tersebut pada akhirnya kembali mengerucut ke dua nama: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Kedua nama ini sudah saling bergantian menjadi pemenang sejak tahun 2008.

Baru akan diumumkan malam nanti, nyatanya sudah ada sejumlah bocoran dan indikasi siapa yang akan menang. Misalnya, baru-baru ini bocor gambar-gambar sepatu edisi khusus dari Nike untuk merayakan keberhasilan Ronaldo memenangi Ballon d'Or kelimanya.

Sepatu itu bertuliskan 'Quinto Triunfo' yang dalam bahasa Inggris berarti Fifth Triumph atau kemenangan kelima dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, sinyal lebih mencolok ditunjukkan salah satu media olahraga top Spanyol, Marca. Marca terang-terangan mengklaim bahwa Ronaldo akan menerima Ballon d'Or 2017 di depan megahnya menara Eiffel.

Marca Sudah Sebut Ronaldo Pemenang Ballon d'Or 2017Foto: Screenshot Marca.com

"Dalam upacara yang akan digelar di Paris pada Kamis, pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo akan menerima penghargaan Ballon d'Or 2017," ungkap Marca dalam narasinya.

"Ini akan jadi kelima kalinya pemain sayap Portugal itu menerima penghargaan tersebut, setelah 2008, 2013, 2014, dan 2016, untuk menyamai catatan bintang Barcelona Lionel Messi.

Ronaldo memang sejak awal dinilai pantas memenangi gelar tersebut, karena sukses membawa Real Madrid mempertahankan gelar Liga Champions sekaligus memenangi La Liga 2016/2017. Tapi belakangan ini performanya sedang menurun.

Sementara Messi menonjol secara individu, seperti biasanya, meski musim lalu cuma mengantarkan Barcelona memenangi Copa del Rey. Dia lebih banyak mencetak gol (48-38) dan assist (14-8) ketimbang Ronaldo sepanjang 2017 ini.
(raw/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed