DetikSepakbola
Senin 18 Desember 2017, 12:18 WIB

Kaka: Manusia Terakhir Pemenang Ballon d'Or

Lucas Aditya - detikSport
Kaka: Manusia Terakhir Pemenang Ballon dOr Kaka saat memenangi Ballon d'Or 2007 (Foto: Pierre Verdy/AFP Photo
Jakarta - Kaka sudah gantung sepatu. Manusia terakhir peraih Ballon d'Or itu pun akhirnya tak beraksi di lapangan hijau.

Kaka memutuskan gantung sepatu, Minggu (17/12/2017). Kontraknya dengan Orlando City sudah habis akhir bulan Desember ini. Sempat dikabarkan pulang ke Brasil atau memperkuat Milan.

Sebelum duopoli Cristiano Ronaldo-Lionel Messi, Kaka merupakan pemenang penghargaan bola emas. Dia menggapainya di tahun 2007.

Kaka memang tampil gemilang di tahun itu. Dia mampu membawa Rossoneri meraih tiga trofi bergengsi. Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub merupakan deretannya.

Dengan modal itu, Kaka menang telak dari 'dua alien': Ronaldo dan Messi. Hasil voting menunjukkan bahwa Kaka mengumpulkan 444 suara. Dia ungggul 167 suara dari Ronaldo, yang ada di posisi kedua.


Setelah itu, Ronaldo dan Messi bergantian memenangi Ballon d'Or. Keduanya, masing-masing sudah memenangi lima kali gelar bola emas.

"Ronaldinho, Cristiano, Messi, dan saya sendiri merupakan pemenang Ballon d'Or yang masih bermain," kata Kaka kepada Marca beberapa waktu lalu.

"Itu membuat saya bangga bisa sejajar dengan para pemain hebat, dan menjadi pemain terakhir yang menjadi pemenang sebelum Messi dan Ronaldo."

"Anda bisa bilang bahwa saya merupakan pemenang Ballon d'Or terakhir yang lahir di planet ini," dia menambahkan dengan candaan.

Dengan pensiunnya Kaka, maka juga sudah tak ada member skuat Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2002, yang masih aktif bermain.

Kaka, yang saat itu masih berusia 20 tahun, cuma sekali bermain di Korea-Jepang. Dia tampil di laga melawan Kosta Rika, Kaka menggantikan Rivaldo para menit ke 72. Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002, usai menang atas Jerman dengan skor akhir 2-0.



(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed