DetikSepakbola
Rabu 27 Desember 2017, 11:51 WIB

Kane Usik Dominasi Messi dan Ronaldo

Kris Fathoni W - detikSport
Kane Usik Dominasi Messi dan Ronaldo Harry Kane (Foto: Eddie Keogh/REUTERS)
Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo rutin jadi pemain tersubur Eropa di tahun kalender. Harry Kane kini mengusik dominasi itu.

Kane menjadi pemain tersubur tahun ini setelah mencetak 56 gol dalam 52 penampilan dalam tahun kalender 2017 bersama Tottenham Hotspur dan tim nasional Inggris di seluruh ajang. Ia punya persentase 1,08 gol per pertandingan.

Jumlah gol Kane itu melampui pemain-pemain tersubur lain di 2017 seperti Messi, Ronaldo, Robert Lewandowski, dan Edinson Cavani. Messi punya 54 gol tahun ini, sedangkan ketiga pemain lainnya mencetak 53 gol.


Yang menarik adalah bahwa dalam beberapa tahun terakhir baru kali ini ada nama selain Messi atau Ronaldo yang menjadi pemain tersubur di kancah Eropa.

Dalam tujuh tahun sebelum ini, sejak 2010, BBC mencatat bahwa Messi atau Ronaldo rutin menjadi pemain tersubur di masing-masing tahun kalender sebelum akhirnya kini ada Kane. Secara terperinci, Ronaldo empat kali melakukannya sedangkan Messi tiga kali.

Gol-gol terbanyak di Eropa berdasarkan tahun kalender:
TahunPemainJumlah gol
2010Lionel Messi60
2011Cristiano Ronaldo60
2012Lionel Messi91
2013Cristiano Ronaldo69
2014Cristiano Ronaldo61
2015Cristiano Ronaldo57
2016Lionel Messi59
2017Harry Kane56

"Ini sudah menjadi tahun yang fantastis," kata Kane seperti diwartakan BBC.

"Misinya memang selalu bagaimana caranya bisa meningkat setiap tahunnya. Itulah yang selalu saya lakukan sepanjang karier dan itu pula yang akan saya lakukan terus," ucapnya.

Dari gol-golnya tahun ini, Kane mencetak 39 di antaranya di Premier League. Catatan itu turut membuatnya memecahkan rekor jumlah gol Premier League di tahun kalender, melewati Alan Shearer yang memegang rekor sebelumnya dengan 36 gol.


"Ia pantas mendapatkan pencapaian ini. Ia bukan cuma berbakat melainkan juga pemain yang sangat profesional. Ia merupakan pemain tim dan itu karakter bagus darinya, ia panutan bagus buat semuanya," kata Manajer Spurs Mauricio Pochettino.

"Kita sudah melihatnya berkembang setelah 3,5 tahun di klub ini. Itu membuat kami sangat bangga dan saya amat gembira dengan seluruh pencapaiannya sejauh ini," ujarnya terhadap pemain 24 tahun tersebut.





(krs/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed