DetikSepakbola
Kamis 28 Desember 2017, 17:48 WIB

Totti: Messi Nomor Satu, tapi Jangan Bilang Ronaldo Ya!

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Totti: Messi Nomor Satu, tapi Jangan Bilang Ronaldo Ya! Foto: REUTERS/Sergio Perez
Dubai - Francesco Totti menyebut sepakbola sekarang amat berbeda, menjadi terlalu bisnis. Pemain legendaris AS Roma itu juga bicara soal Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Totti jadi salah satu pemain veteran yang menutup karier di tahun 2017. Bersama dengan Andrea Pirlo, Philipp Lahm, Xabi Alonso, Ricardo Kaka, dan Frank Lampard, pensiunnya pemain yang meraih gelar Piala Dunia 2006 itu menandai akhir dari era sepakbola 1990-an.

Pria yang kini menjadi direktur Roma ini menyebut eranya adalah era sepakbola romantis. Sementara era saat ini dinilainya terlalu bernuansa bisnis, sembari menyoroti transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain musim panas lalu.

Transfer itu dinilainya sudah melampui akal, meski mengakui Neymar punya kualitas besar sebagai pesepakbola. Namun jika boleh memilih siapa yang terbaik saat ini, Totti akan bilang Messi, sembari berseloroh untuk merahasiakannya dari Ronaldo.

"Saya benar-benar lebih memilih sepakbola yang dulu. Sekarang ini gila. Sepakbola benar-benar sudah berubah antara era saya dengan sekarang ini," kata Totti dikutip Soccerway.

"Saya lebih memilih sepakbola romantis yang dulu, sekarang ini semuanya cuma soal bisnis. Sekarang ada pemain-pemain dengan kualitas seperti Ronaldo dan Neymar, tapi Neymar itu contoh dari harga yang selangit. Terlalu berlebihan untuk membayar 250 juta euro untuk seorang pemain. Ini sudah melewati realita."

"Tapi yang nomor satu itu Messi. Tapi jangan bilang ke Cristiano," tandasnya.
(raw/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed