sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 28 Feb 2018 02:47 WIB

'Conte Pilihan Terbaik untuk Timnas Italia'

Redzi Arya Pratama - detikSport
Antonio Conte dinilai sebagai kandidat terbaik untuk melatih timnas Italia (Foto: Eddie Keogh/Reuters) Antonio Conte dinilai sebagai kandidat terbaik untuk melatih timnas Italia (Foto: Eddie Keogh/Reuters)
Roma - Wakil Komisaris FIGC Alessandro Costacurta ingin Antonio Conte kembali melatih timnas Italia. Menurutnya, Conte adalah yang terbaik di antara para kandidat.

Conte sebenarnya sempat menjadi pelatih Gli Azzurri pada tahu 2014-2016. Namun, setelah Piala Eropa 2016, ia langsung bergabung dengan Chelsea.

Kondisi Italia saat ini pun sedang menggantung. Seiring kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018, Giampiero Ventura ditendang dan saat ini Luigi Di Biagio menjadi pelatih sementara.

Sempat muncul beberapa nama kandidat selain Conte. Sebut saja Carlo Ancelotti hingga Claudio Ranieri.

Namun bagi Costacurta, Conte adalah yang terbaik. Mantan bek AC Milan yang kini bertugas memimpin pencarian pelatih baru timnas Italia itu pun berencana untuk mengontak Conte.

"Dari kandidat-kandidat potensial, bagi saya Conte adalah yang terbaik. Saya akan berbicara dengan Conte dalam beberapa bulan ke depan," kata Costacurta kepada Gazzetta dello Sport.

"Conte sudah membuktikan bahwa dia bisa menjadi pelatih timnas. Kita melihat itu di Piala Eropa. Sementara kandidat lain belum mampu membuktikan."

"Namun, bukan berarti saya tidak senang jika Roberto Mancini atau Ancelotti yang datang. Walau Ancelotti sudah mengatakan dia tak mau pekerjaan ini.

Nama lain yang juga dikaitkan dengan posisi pelatih timnas Italia adalah Gennaro Gattuso. Namun Costacurta menilai jabatan sebagai pelatih timnas terlalu dini untuk Gattuso.

"Saya akan katakan langsung: Gattuso, tidak, saya tidak akan menghubunginya. Ini terlalu dini," Costacurta menyatakan.

"Saya yakin Gattuso akan menjadi pelatih timnas beberapa tahun ke depan karena dia punya segalanya mulai dari karakter dan determinasi. Tapi saya terlalu menyukainya. Memilihnya sekarang akan mencelakainya. Saya mencari pelatih yang punya pengetahuan dan pengalaman di level tertinggi," jelas mantan bek AC Milan itu.

Italia akan menjalani laga pertamanya setelah gugur dari kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan menghadapi Argentina dan Inggris pada bulan Maret. Pada dua laga persahabatan itu, Di Biagio yang akan memimpin skuat.

(nds/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed