DetikSepakbola
Minggu 04 Maret 2018, 00:09 WIB

Fonte, Carrasco, dan Gaitan Jadi Starter, Dalian Yifang Dilumat Shanghai SIPG 0-8

Randy Prasatya - detikSport
Fonte, Carrasco, dan Gaitan Jadi Starter, Dalian Yifang Dilumat Shanghai SIPG 0-8 Foto: Twitter @ProD_Soccer
Shanghai - Debut yang berakhir mimpi buruk bagi Jose Fonte, Nicolas Gaitan dan Yannick Carrasco. Tampil sebagai starter, Dalian Yifang justru dilumat Shanghai SIPG 0-8.

Pekan pertama Liga Super China musim 2018 sudah bergulir. Ada enam dari delapan laga yang sudah tuntas dimainkan. Salah satunya adalah pertandingan antara Shanghai SIPG melawan Dalian Yifang di Shanghai Stadium, Sabtu (3/3/2018).

Dalian merupakan promosi dari Liga Satu China setelah keluar sebagai juara pada 2017 lalu. Klub tersebut pun langsung membuat langkah yang serius untuk bersaing di turnamen tertinggi China.

Dalian mendatangkan tiga pemain yang banyak makan asam garam di sepakbola Eropa, yakni Fonte dari West Ham United, dan dua Atletico Madrid Carrasco dan Gaitan.

Alih-alih mendapat hasil yang oke di laga pertama, Dalian malah hancur lebur di tangan runner-up Liga Super China tahun lalu, Shanghai SIPG. Dalian kalah 0-8 lewat hat-trick Oscar dan Lei Wu. Sementara itu, dua gol lainnya masing-masing diciptakan Wenjun Lue dan Hulk dari tendangan penalti.

Hasil itu tentu menjadi laga debut yang sangat pahit untuk Fonte, Carrasco, dan Gaitan. Untuk Fonte, dia menjadi aktor yang menyebabkan Dalian mendapat penalti di menit ke-37.

Pelatih Shanghai SIPG, Vitor Pereira, mengaku tidak mengenal pemain lokal Dalian, cuma kenal tiga pemain asing di klub tersebut. Video pun menjadi media yang dia gunakan untuk mematikan permainan lawan.

"Kami punya informasi terbatas tentang Dalian, tapi saya tahu pemain asing mereka dengan baik. Kami tidak memberi mereka ruang untuk menyerang kami dan saya menggunakan beberapa video untuk menunjukkan kepada pemain saya bagaimana kami harus bertindak saat kehilangan bola," ungkap Pereira seperti dikutip dari ESPN.

"Tadi adalah sebuah pertandingan yang sangat menarik dan tentu saja saya puas dengan tim dan para pemain muda kami. Kami tidak kebobolan. Seperti yang Anda tahu, biasanya ketika kami mencetak gol organisasi kami biasanya buruk, tapi hari ini kami bisa mengatasinya tanpa kebobolan dan itu adalah alasan utama mengapa saya sangat gembira.

Shanghai SIPG untuk sementara memimpin klasemen setelah unggul selisih gol dari Tianjin Quanjian, Guangzhou R&F, dan Chongqing Dangdai Lifan. Sementara itu, Dalian ada di dasar klasemen.
(ran/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed