Road to World Cup 2018

Korea Selatan, Negara Asia Tersukses di Piala Dunia

Doni Wahyudi - Sepakbola
Kamis, 08 Mar 2018 14:50 WIB
Timnas Korea Selatan melangkah sampai semifinal Piala Dunia 2002 (Shaun Botterill/Getty Images)
Jakarta - Tak pernah ada negara Asia yang tampil sejauh Korea Selatan di Piala Dunia. Di Rusia 2018, Korsel harus banyak berbenah untuk setidaknya bisa memberi perlawanan di fase grup.

Piala Dunia 2018 menjadi Piala Dunia kesembilan beruntun yang diikuti Korea Selatan. Jika ditotal sepanjang sejarah sepakbola negara tersebut, ini akan jadi penampilan ke-10 mereka.

Capaian terbaik Korsel tentu saja terjadi di Piala Dunia 2002, saat menjadi tuan rumah bersama Jepang. Korsel ketika itu bisa melangkah hingga semifinal. Hingga kini belum ada negara Asia lain bisa berkiprah sejauh itu.



Di depan pendukungnya sendiri ketika itu, Korsel lolos dari fase grup setelah mengalahkan Portugal dan Polandia. Meski dianggap banyak kontroversi, kejutan kembali dibuat Korsel di 16 besar saat menundukkan Italia dengan skor ketat 2-1.

Pada babak delapan besar gantian Spanyol ditundukkan. Korsel masuk semifinal berkat kemenangan melalui adu penalti.

Perjuangan Korsel, yang ketika itu dipimpin Guus Hiddink, baru terhenti di tangan Jerman di fase empat besar.

Mengulang sukses tersebut akan jadi perjuangan ekstra sulit buat Korsel. Soalnya untuk lolos ke putaran final saja mereka lalui dengan susah payah.



Di fase terakhir babak kualifikasi zona Asia, Korsel cuma mengumpulkan 15 poin dari 10 pertandingan. Mereka menang empat kali, serta masing-masing tiga kali main imbang dan kalah.

Bagaimana kans Korea Selatan dan persiapan mereka untuk tampil di Rusia akan bisa diikuti di program Road to World Cup 2018 yang tayang di Trans TV. Edisi ketiga akan disiarkan pada Sabtu (10/3/2018) akhir pekan ini pukul 21.00 WIB

Di saat bersamaan, kamu bisa menyaksikan program ini secara live streaming di detikSport.

Bukan cuma soal Korea Selatan. Road to World Cup akhir pekan ini juga akan mengulas 'gol abad ini' yang dibuat Diego Maradona ke gawang Timnas Inggris di Piala Dunia 1986.

Jadi, jangan sampai ketinggalan. (din/rin)