Laga Persahabatan

Penalti Italia di Menit Akhir Buyarkan Kemenangan Inggris

Redzi Arya Pratama - Sepakbola
Rabu, 28 Mar 2018 06:23 WIB
Italia menahan imbang Inggris dengan skor 1-1 di Wembley (Foto: Carl Recine/Action Images via Reuters)
London - Italia menahan imbang Inggris 1-1 pada laga persahabatan. Kemenangan Inggris yang sudah ada di depan mata buyar setelah Italia menyamakan skor lewat penalti di menit-menit akhir.

Pada pertandingan di Wembley, Rabu (28/3/2018), Inggris sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Jamie Vardy di babak pertama. Tapi, tiga menit sebelum bubaran, Lorenzo Insigne berhasil menyamakan kedudukan dari titik putih.

Hasil ini mengecewakan untuk Inggris yang sebenarnya tampil impresif dan agresif sepanjang laga. Apalagi mereka sebelumnya berhasil mengalahkan Belanda 1-0.

Sementara bagi Italia, hasil ini tak terlalu buruk mengingat mereka sedang memulai era baru usai gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

[Gambas:Video 20detik]




Jalannya Pertandingan

Babak pertama langsung berjalan cepat. Kedua tim bermain terbuka sehingga laga ini sangat menarik. Baru berjalan tiga menit, Italia langsung mendapat peluang.

Blunder John Stones yang kehilangan bola membuat Ciro Immobile mendapatkan ruang untuk melakukan tembakan. Namun, sepakannya terkena bek Inggris dan mengarah ke samping gawang.

Kieran Trippier yang bermain sebagai bek sayap kanan Inggris tampil sangat eksplosif. Ia beberapa kali melakukan overlap berbahaya. Namun, umpan tariknya belum bisa sampai ke rekan-rekannya di lini depan.

Pada menit ke-10, Raheem Sterling mendapat peluang lewat akselerasi cepatnya. Namun, Mattia De Sciglio masih mampu menghentikan pemain Manchester City tersebut dengan tekel akurat.

Selang tujuh menit kemudian, Immobile kembali membuat peluang untuk Gli Azzurri. Berawal dari umpan tarik akurat Antonio Candreva, Immobile berada dalam posisi nyaman untuk mencetak gol. Tapi, tandukannya malah menyamping dari gawang Jack Butland.

Tempo semakin cepat karena kedua tim benar-benar tidak takut dalam melakukan tusukan atau pun pressing. Giliran Inggris mendapat peluang pada menit ke-24. Kali ini tembakan Jamie Vardy yang bisa ditepis Gianluigi Donnarumma.

Vardy langsung membayar kegagalannya itu dua menit kemudian. Berawal dari tendangan bebas cepat Jesse Lingard setelah Sterling dijatuhkan Marco Parolo, bek Italia belum siap ketika Vardy mendapat ruang kosong dan langsung melesakkan bola ke gawang Donnarumma. Inggris unggul 1-0.

Italia semakin gencar melakukan serangan. Terlihat dari penguasaan bola mereka yang lebih unggul 53-47 persen dari Inggris. Namun, Candreva hingga Immobile belum juga mampu menembus pertahanan apik Inggris. Babak pertama berakhir 1-0.


Pada babak kedua, tempo kedua tim sama sekali tak berubah. Mereka saling bergantian melakukan serangan. Inggris mendapat peluang di menit ke-54. Kerja sama apik satu dua Ashley Young dan Sterling membuat nama pertama mendapat ruang menembak. Tapi, tembakannya masih bisa diblok Leonardo Bonucci.

Inggris mendapatkan temponya dan mulai melakukan serangan berturut-turut. Tapi, kesempatan yang dibuat Sterling dan Adam Lallana bisa diantisipasi Donnarumma dengan mudah.

Italia dikurung dan dipaksa bertahan hingga menit ke-65. Inggris melakukan pressing ketat sehingga tiap pemain Italia mendapat bola, langsung bisa direbut oleh mereka. Para pemain The Three Lions membuat kombinasi passing yang sangat baik.

Pada menit ke-66, Sterling membuat peluang memanfaatkan kerja sama apik dengan Lallana dan Lingard, tapi tembakannya masih melambung.

Italia mengandalkan serangan balik cepat dan berharap para pemain Inggris telat untuk kembali ke daerahnya. Mereka mendapat peluang pada menit ke-73. Namun, tendangan bebas Insigne masih melambung tipis di atas gawang Inggris.

Memasuki menit ke-77, Inggris menurunkan tempo dan Italia yang kini mengambil alih permainan. Mereka nyaris membuat gol pada menit ke-78. Lewat umpan terobosan apik Jorginho, Insigne lolos dari perangkap offside, tapi sepakan volinya sedikit menyamping dari gawang Butland.

Pada menit ke-87, Italia mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran James Tarkowski terhadap Federico Chiesa. Wasit Deniz Aytekin memberikan penalti tersebut setelah berkonsultasi dengan VAR.

Insigne maju sebagai algojo tendangan 12 pas dan sukses menaklukkan Butland. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Inggris beberapa kali mencoba melakukan tekanan pada menit-menit akhir laga. Tapi, usaha mereka tak berbuah apapun dan laga berakhir imbang.


Susunan Pemain
Inggris: Butland; Tarkowski, Stones (Henderson 72'), Walker; Dier; Young, Lingard (Cook 69'), Oxlade-Chamberlain (Lallana 59'), Trippier (Rose 59'); Vardy (Rashford 69'), Sterling

Italia: Donnarumma; De Sciglio, Bonucci, Rugani, Zappacosta; Pellegrini (Gabbiadini 79'), Jorginho, Parolo; Insigne, Immobile (Belotti 63'), Candreva (Chiesa 56')

-------

Dapatkan 10 merchandise menarik dari detikcom, dengan mengikuti survei ini.


(mfi/nds)